Khazanahalquran.com – Islam sedang diserang dari segala arah. Islam sedang dikepung oleh musuh-musuh Allah. Kaum muslimin diserang mulai dari sisi ekonomi, budaya, politik, pemikiran bahkan serangan militer. Bermacam tipu daya dan makar mereka siapkan untuk merongrong islam.

Lalu bagaimana tips Al-Qur’an untuk menghadapi tipu daya ini? Allah berfirman,

وَإِن تَصْبِرُواْ وَتَتَّقُواْ لاَ يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئاً إِنَّ اللّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ

“Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikit pun. Sungguh, Allah Maha Meliputi segala apa yang mereka kerjakan.” (Ali Imran 120)

 

Al-Qur’an hanya memberi dua syarat agar tipu daya musuh tidak dapat merugikan kita yaitu dengan :

  1. Bersabar.
  2. Bertakwa.

Salah satu senjata terpenting untuk melawan tipu daya musuh adalah kesabaran. Sabar dalam berjuang dan sabar dalam mempertahankan iman. Selain itu, wujud kesabaran juga dengan menerima ketentuan Allah dan meyakininya sebagai yang terbaik. Sementara takwa adalah takut dengan Allah dan senantiasa berjalan di jalur yang telah diridhoi-Nya.

Sabar dan takwa menjadi penting untuk menepis tipu daya musuh karena sebagian kaum muslimin telah keluar dari jalur islam dalam perjuangan mereka. Ada yang tidak bersabar hingga pesimis dan tidak bertakwa sehingga “membela” islam dengan cara-cara yang tidak islami.

Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikit pun

 

Komentar

LEAVE A REPLY