Khazanahalquran.com – Dalam bahasa arab, kata Soleh berasal dari kata Soluha yang artinya “baik”. Dan menurut istilah, orang soleh adalah orang yang baik dan taat kepada Allah swt.

Soleh adalah derajat yang tinggi di sisi Allah swt. Setiap muslim berkesempatan untuk meraih derajat ini. Menjadi soleh tak harus punya catatan hidup yang bersih dan suci sejak kecil. Siapapun bisa menjadi soleh asal punya kemauan yang kuat untuk meraihnya.Karena Allah swt membuka lebar pintu kembali bagi orang-orang yang ingin memperbaiki hubungan dengan-Nya.

Kemudian Al-Qur’an pun memberikan kabar gembira kepada mereka yang ingin memperbaiki hubugannya dengan Allah swt, karena Allah akan Menjaganya di beberapa waktu :

1. Allah akan Menjaganya di Masa Hidupnya.

وَهُوَ يَتَوَلَّى الصَّالِحِينَ

“Dia Melindungi orang- orang saleh.” (QS.Al-A’raf:196)

 

2. Allah akan Menjaga Keturunannya.

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحاً

“Dan adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh.” (QS.Al-Kahfi:82)

*Bahkan riwayat menyebutkan bahwa keturunan orang soleh dalam ayat ini adalah keturunan generasi ketujuh. Betapa besar pengaruh kesalehan seseorang terhadap anak keturunannya.

 

3. Pahala yang Berlimpah di Akhirat.

ثَوَابُ اللَّهِ خَيْرٌ لِّمَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً

“Pahala Allah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan.” (QS.Al-Qashas:80)

 

Karena itu, mari kita perbaiki hubungan dengan Allah swt. Semoga kita mampu meraih derajat soleh dan mendapatkan penjagaan Allah disetiap waktu.

Komentar

LEAVE A REPLY