Khazanahalquran.com – Kisah kehidupan Nabi Yusuf adalah kisah yang sarat akan makna dan bermacam pelajaran. Sejak masa kecil, ia telah menerima bermacam cobaan. Mulai dari hasutan dari saudaranya, dilemparkan ke dalam sumur, di fitnah, di penjara hingga akhirnya bebas dan berkuasa di Negri Mesir.

Ketika saudara-saudara Yusuf tau bahwa adiknya telah menjadi penguasa Mesir, mereka datang dengan penuh penyesalan untuk meminta maaf. Nabi pun memaafkan mereka dan membuka rahasia bagaimana ia bisa selamat dan sukses. Dan Al-Qur’an pun mengabadikan kata-kata beliau,

إِنَّهُ مَن يَتَّقِ وَيِصْبِرْ فَإِنَّ اللّهَ لاَ يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ -٩٠-

“Sesungguhnya barangsiapa bertakwa dan bersabar, maka sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik.” (QS.Yusuf:90)

Nabi Yusuf memiliki 3 pegangan yang menjadikannya mampu selamat dari semua cobaan dan meraih kesuksesan. 3 rahasia itu adalah,

  1. Bertakwa
  2. Bersabar
  3. Berbuat baik

 

Bertakwa adalah menjaga diri untuk tidak keluar dari jalur yang Diridhoi Allah swt. Mengikuti seluruh perintah Allah dan menjauhi seluruh larangan-Nya. Karena Nabi Yusuf yakin bahwa Allah adalah Dzat yang paling tau jalan mana yang terbaik bagi hamba-Nya. Banyak orang yang berharap sukses walau harus melanggar perintah Allah. Ketahuilah bahwa ini adalah awal dari kehancurannya.

Kemudian tak lupa untuk bersabar dan tak pernah berputus asa. Bahwa dibalik semua cobaan ini pasti ada kemudahan dari-Nya. Dan jangan pernah menyia-nyiakan perbuatan baik. Tabur sebanyak mungkin benih kebaikan karena Allah tidak akan melupakan kebaikan tersebut.

Dan disaat kita berbuat baik, sebenarnya kita sedang berbuat baik kepada diri sendiri. Karena itu jangan pernah lepas dari 3 pegangan hidup ini.

Apapun profesi dan status kita, jangan pernah lupa untuk bertakwa, bersabar dan berbuat baik. Jika kita ingin selamat dan sukses dimana pun kita berada. Ditengah keluarga, teman ataupun rekan bisnis maka jangan sia-siakan 3 hal ini. Karena Allah tidak akan melupakan orang yang bertakwa, bersabar dan berbuat baik.

Semoga kita mampu memegang teguh tiga hal ini dan semoga Allah Memberi keselamatan dan kemudahan dalam hidup kita.

Komentar

LEAVE A REPLY