4 Wasiat Al-Qur’an untuk Orang Beriman

khazanahalquran.com – Pada akhir surat Ali Imran akan kita temukan empat wasiat Al-Qur’an untuk orang yang beriman. Ke empat wasiat ini adalah syarat utama untuk sukses pada kehidupan dunia dan akhirat.

Allah swt berfirman,

‎يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS.Ali Imran:200)

4 wasiat itu adalah :

1. Bersabarlah !(اصْبِرُوا)

Wasiat pertama kali yang menjadi syarat keberhasilan kaum mukminin adalah kesabaran. Tanpa kesabaran dan istiqomah seseorang tidak akan meraih keberhasilan duniawi maupun kesuksesan di akhirat.

2. Kuatkan kesabaran ! (وَصَابِرُوا)

Ternyata bersabar saja tak cukup. Karena musuh Islam akan terus ada dan selalu menaikkan upayanya untuk merongrong dan mengganggu kaum muslimin. Karena itu butuh pada kesabaran extra untuk menghadapinya.

Selain itu, arti lain dari wasiat kedua ini adalah menguatkan saudara kita yang lain agar mampu bersabar dan istiqomah dijalan kebenaran.

3. Selalu waspada dan siap siaga ! (وَرَابِطُوا)

Wasiat ketiga adalah perintah untuk selalu waspada dan siaga untuk menghadapi musuh di setiap keadaan. Karena musuh tak pernah diam, maka kita harus selalu waspada.

Kewaspadaan ini memiliki makna yang luas yaitu pembelaan diri secara pribadi dan juga pembelaan pada urusan kaum muslimin.

4. Bertakwalah !

‎وَاتَّقُوا اللّهَ

Wasiat terakhir dalam ayat ini adalah perintah untuk bertakwa. Yakni semua perintah sebelumnya harus didasari dengan takwa kepada Allah swt. Sehingga tidak ada perasaan egois, riya’ dan ingin dipandang orang lain dalam menjalani perintah-perintah sebelumnya.

Ketika empat wasiat ini mampu dilaksanakan maka syarat-syarat keberhasilan telah lengkap.

‎لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“supaya kamu beruntung….”

Kondisi umat Islam yang memprihatinkan akhir-akhir ini disebabkan karena mereka tidak menjadikan empat wasiat ini sebagai pegangan hidup mereka. Andai kaun muslimin mau bersabar dan beristiqomah, lalu menguatkan kesabaran mereka dan tidak pernah lalai terhadap musuh serta menjalani semuanya dengan takwa, maka pertolongan dan kemenangan akan segera datang.

Itulah 4 kutipan wasiat bagi orang-orang beriman. Semoga Allah menggolongkan kita dalam barisan kaum mukminin.

Komentar

LEAVE A REPLY