Khazanahalquran.com – Semakin dalam kita mengupas kandungan ayat-ayat Al-Qur’an, semakin dalam pula kita merasakan terangnya cahaya petunjuk Allah bagi hamba-hamba-Nya. Kali ini kita akan menyimak Firman Allah yaitu,

كُلُوا مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَلَا تَطْغَوْا فِيهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِي وَمَن يَحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِي فَقَدْ هَوَى

“Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami Berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sungguh, binasalah dia. (QS.Thaha:81)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Asal dari segala sesuaitu itu baik dan suci. Dan kita pun diperbolehkan untuk menggunakannya.
Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami Berikan kepadamu..” Maka kita dilarang untuk mengharamkan rezeki yang baik dari Allah swt.

2. Agama Allah begitu memperhatikan pentingnya kesehatan makanan. “Makanlah dari rezeki yang baik-baik..”

3. Tidak memperhatikan hukum-hukum makanan termasuk perbuatan yang melampaui batas. Makanlah… dan janganlah melampaui batas…”

4. Jangan gunakan nikmat yang dihalalkan oleh Allah untuk sesuatu yang diharamkan-Nya. dan janganlah melampaui batas..”

5. Berlebihan (mubadzir) adalah wujud perbuatan yang melampaui batas dalam hukum Allah swt. dan janganlah melampaui batas..”

6. Allah Memberikan ancaman yang serius kepada orang-orang yang melampaui batas. “yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu…”

7. Berlebihan adalah termasuk dosa besar yang mendapat ancaman adzab dari Allah swt. “dan janganlah melampaui batas, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu…”

8. Musibah terbesar bukanlah musibah dunia ataupun harta. Musibah terbesar adalah ketika seseorang mendapatkan murka Allah swt. “Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sungguh, binasalah dia.

Semoga kita dijauhkan dari Murka-Nya. Amin ya rabbal alamin

Komentar

LEAVE A REPLY