Khazanahalquran.com – Ada fenomena yang sering terlupakan dikalangan muslimin. Suatu fenomena yang amat jelas didalam Al-Qur’an namun terabaikan begitu saja.

Fenomena apakah itu?

Yaitu sebuah Sunnatullah bahwa Allah tidak akan merubah suatu kaum hingga mereka berusaha merubah keadaan mereka sendiri.

Kemudian mari kita melihat kondisi umat Islam saat ini. Hukum islam telah dihinakan, rumah mereka dihancurkan dan darah mereka ditumpahkan. Sementara seluruh dunia acuh dengan kedzaliman dan pembantaian ini.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Mencaci dan mencerca dunia? Mengapa kita tidak melihat ke dalam diri masing-masing?

Coba kita renungkan kembali firman Allah berikut ini,

لإِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS.ar-Ra’d:11)

Sebenarnya masalah itu ada pada diri kita kaum muslimin. Allah tidak akan merubah keadaan kita selama kita tidak melakukan perubahan. Maka solusinya adalah kembali kepada Allah dan perbaiki diri dengan mengikuti jalan Nabi saw.

Bukankah Allah berjanji,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS.Muhammad:7)

إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ ۖ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ

“Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu?” (QS.Ali Imran:160)

Semua ini adalah hukum Allah yang tidak akan berubah dan tergantikan. “Jika Allah membiarkan kamu, maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu?”

Karena itu mari kita perbaiki diri agar Allah merubah kondisi kita menjadi lebih baik. Lalu jadikan kehidupan kita untuk Islam sehingga Allah akan selalu menolong kita.

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY