Khazanahalquran.com – Ada banyak ibadah dan amal kebaikan dengan fadilah-nya masing-masing. Karena pada hakikatnya, setiap perbuatan yang diniatkan untuk mendekatkan diri kepada-Nya dapat terhitung sebagai ibadah. Bahkan makan dan minum pun bisa berpahala.

Namun ada satu hal yang menarik dari semua ibadah itu. Memang kita mengenal ibadah-ibadah ritual yang populer seperti solat, puasa, zakat dan haji. Namun kita akan menemukan “hal lain” dalam ayat berikut ini, Allah Berfirman,

إِنِّي جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوا

“Sungguh pada hari ini Aku Memberi balasan kepada mereka, karena kesabaran mereka..” (QS.Al-Mukminun:111)

 

Dalam ayat ini, Allah tidak Menyebutkan bahwa “Aku akan Memberi balasan kepada mereka karena solat mereka.atau “karena puasa merekaatau karena ibadah yang lainnya. Namun Allah Berfirman bahwa “Aku Memberi balasan karena kesabaran mereka..”

Sungguh pelajaran yang begitu menarik. Memang kesabaran adalah ibadah yang paling berat dan paling sulit. Namun ibadah ini menjadi yang paling bernilai di sisi Allah swt. Bahkan jika kita perhatikan, inti dari setiap ibadah yang kita lakukan adalah Sabar. 

Bagaimana kita akan solat, menahan lapar dan haus, mengeluarkan biaya dan tenaga untuk haji dan melakukan ibadah lainnya jika tidak memiliki kesabaran? Karena itu mari kita belajar meraih ibadah yang paling bernilai ini. Bagaimanapun kondisi kita, semuanya akan menjadi bernilai disisi-Nya jika dihadapi dengan kesabaran.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS.Az-Zumar:10)

 

Komentar

LEAVE A REPLY