Powerful Tornado - destroying property with lightning in the background

Bertaubat-lah Sebelum Adzab Datang Secara Tiba-Tiba !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَأَنِيبُوا إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong.” (QS.Az-Zumar:54)

Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa taubat dan kembali kepada Allah harus disertai dengan kepasrahan mutlak kepada-Nya.

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya…”

Ampunan Allah tidak serta merta datang kecuali setelah kita pasrah dan tunduk kepada-Nya. Tak cukup disitu, pada ayat selanjutnya Allah berfirman,

وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ بَغْتَةً وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

“Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu (Al-Qur’an) dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu secara mendadak, sedang kamu tidak menyadarinya.” (QS.Az-Zumar:55)

Segera ambil kesempatan untuk bertaubat sebelum datangnya siksaan Allah. Karena siksaan-Nya akan datang secara tiba-tiba. Dan kita tidak pernah tau apakah hari esok kita masih punya kesempatan untuk bertaubat.

“..sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong.”

Tiada yang dapat selamat di hari pembalasan kecuali mereka yang mendapat perhatian dan pertolongan Allah swt. Dan jika kita tarik kesimpulan dari dua ayat ini, maka untuk memperoleh keselamatan itu dibutuhkan tiga hal penting yaitu :

1. Bertaubat dan kembali kepada-Nya.

2. Pasrah dan tunduk.

3. Mengikuti perintah Allah swt.

Bersegeralah, karena kunci keselamatan kita terletak pada tiga hal penting ini. Kebahagiaan hanya akan didapatkan oleh mereka yang memanfaatkan kesempatan. Dan sebaliknya, mereka yang melewatkan kesempatan ini akan mendapatkan kesengsaraan dan adzab yang datang secara tiba-tiba.

“…sebelum datang azab kepadamu secara mendadak, sedang kamu tidak menyadarinya.”

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY