Gangguan Pada Pengikut Kebenaran Tidak akan Pernah Berakhir !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

‎ لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا ۚ وَإِن تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.” (QS.Ali Imran:186)

Ayat ini turun berkenaan tentang terbunuhnya seseorang yang selalu mengganggu dan menyakiti Nabi Muhammad saw. Dalam ayat ini Allah seakan menjelaskan bahwa terbunuhnya orang ini bukanlah akhir dari gangguan musuh Allah kepada nabi saw. Gangguan pada orang-orang yang berada di jalan kebenaran itu akan terus ada dan bermunculan hingga hari kiamat.

Orang-orang yang menolak kebenaran tidak akan membiarkan para pengikut kebenaran hidup tenang. Mereka akan terus merongrong dan mengganggu dengan cara apapun.

Karena itu pada akhir ayat diatas Allah memberikan solusi untuk menghadapi gangguan mereka. Allah memberikan dua senjata terbaik untuk menghadapi gangguan yang terus mereka lakukan kepada nabi dan para pengikut kebenaran,

“Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.”

Ya, dua senjata itu adalah sabar dan takwa. Sabar saja tidak cukup untuk menghadapi gangguan yang terus menerus. Kesabaran harus ditopang dengan takwa yang menguatkan diri kita untuk tidak pernah goyah dari jalan kebenaran.

Dalam ayat lain Allah berfirman,

‎فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan.” (QS.Qaf:39)

Mereka akan terus mengirimkan gangguan berupa perbuatan ataupun perkataan. Tapi terkadang perkataan itu jauh lebih menyakitkan daripada gangguan fisik. Karena itu Allah lebih menekankan agar kita bersabar atas gangguan dari lisan mereka.

Sabar adalah senjata utama para nabi, karena perjuangan mereka takkan pernah lepas dari gangguan orang-orang yang ingin merusak dakwah anbiya’. Karena itu slogan para nabi adalah,

‎وَلَنَصْبِرَنَّ عَلَىٰ مَا آذَيْتُمُونَا

“Dan kami sungguh-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang kalian lakukan kepada kami.” (QS.Ibrahim:12)

Jika kita sedang berada di jalan kebenaran, maka jadikan sabar dan takwa sebagai pakaian dan pedang kita. Karena tanpa keduanya kita tidak akan mampu menghadapi gangguan musuh kebenaran.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY