Khazanahalquran.com – Allah berfirman,

يُثَبِّتُ اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللّهُ مَا يَشَاءُ

“Allah Meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat; dan Allah Menyesatkan orang-orang yang zalim dan Allah Berbuat apa yang Dia Kehendaki. (QS.Ibrahim:27)

 

Nasib manusia ditentukan di akhir kehidupannya. Banyak orang yang bertahun-tahun berada dijalan kebaikan, tiba-tiba menyimpang di akhir hidupnya. Banyak pula orang yang menghabiskan umur dalam keburukan namun sadar dan bertaubat di akhir hidupnya. Semua orang pasti ingin mendapati akhir hidupnya dalam keadaan Husnul Khotimah.

Dari ayat diatas kita akan mengambil pelajaran tentang sesuatu yang paling mempengaruhi akhir hidup seseorang. Bahwa ternyata, hal yang paling mengkhawatirkan dan bisa menyebabkan Su’ul Khotimah adalah perbuatan dzolim.

Karena itu berhati-hati lah dengan perbuatan dzolim kepada sesama, bukankah ayat diatas dengan gamblang menyebutkan bahwa Allah akan meneguhkan hati orang yang beriman dan menyesatkan orang-orang yang dzolim?

Semoga kita terbebas dari golongan orang-orang yang dzolim dan mendapatkan akhir hidup dengan Khusnul Khotimah.

Komentar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY