Khazanahalquran.com – Alam semesta ini penuh dengan hikmah dan pelajaran berharga. Sayangnya manusia terlalu sibuk dengan ambisi dan keinginannya sehingga lalai dengan tanda-tanda Allah yang amat luar biasa.

Kali ini kita akan merenungkan firman Allah swt yang berbunyi,

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِبَاساً وَالنَّوْمَ سُبَاتاً وَجَعَلَ النَّهَارَ نُشُوراً

Dan Dia-lah yang Menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia Menjadikan siang untuk bangkit berusaha. (QS.al-Furqan:47)

 

Dan pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Pergantian siang dan malam bukanlah sesuatu yang kebetulan. Semua aturan di alam ini memiliki tujuan dan hikmah yang dahsyat. Dan Dia-lah yang Menjadikan malam untukmu…”

2. Fenomena malam adalah nikmat yang besar dari Allah untuk umat manusia. Sayangnya, nikmat ini hanya berlalu tanpa disadari dan disyukuri.

3. Gelapnya malam membantu untuk menciptakan ketenangan agar terwujud suasana yang nyaman untuk beristirahat. “Dia-lah yang Menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat…”

Begitupula cahaya disiang hari sangat berpengaruh pada aktifitas manusia pekerjaannya. “Dan Dia Menjadikan siang untuk bangkit berusaha.

4. Waktu malam ini melindungi tubuh dan kesehatan manusia seperti pakaian melindungi badan. yang Menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian..”

5. Pergantian siang dan malam, waktu istirahat dimalam hari dan waktu bekerja disiang hari adalah tanda dari kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

 

Semoga renungan ini dapat menjadikan kita semakin sadar bahwa setiap fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita adalah wujud dari rahmat dan kasih sayang-Nya. Sehingga kita selalu mensyukuri segala kenikmatan yang agung ini.

Komentar

LEAVE A REPLY