Khazanahalquran.com – Bulan Ramadhan sudah dekat. Bulan ampunan akan segera tiba. Maka marilah kita simak ayat tentang taubat berikut ini,

وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhan-mu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong.” (QS.az-Zumar:54)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Taubat adalah syarat untuk meraih ampunan ilahi bagi seorang hamba. Karena pada ayat sebelumnya Allah Berfirman “Sesungguhnya Allah Mengampuni dosa-dosa semuanya.” dan langsung disambung dengan ayat “Dan kembalilah kamu kepada Tuhan-mu..”

2. Taubat harus disertai dengan berserah diri kepada Allah swt, yaitu dengan mengikuti dan menjalankan perintah-Nya. Karena jika tidak maka taubat itu hanyalah kemunafikan. “Dan kembalilah kamu kepada Tuhan-mu, dan berserah dirilah kepada-Nya..”

3. Kita harus memanfaatkan waktu yang ada untuk bertaubat sebelum turunnya adzab. “Dan kembalilah kamu kepada Tuhan-mu… sebelum datang azab..”

4. Tidak ada jalan lain bagi manusia untuk dapat menyelamatkan diri kecuali dengan kembali kepada Allah dan mendapatkan pertolongan dari-Nya. “sebelum datang azab kemudian kamu tidak dapat ditolong…”

5. Marilah kita manfaatkan hari-hari terakhir dibulan Sya’ban ini untuk membersihkan diri demi mempersiapkan diri untuk menjadi tamu Allah di bulan suci Ramadhan.

Komentar

LEAVE A REPLY