Khazanahalquran.com – Salah satu tanda kebesaran Allah adalah menciptakan manusia dengan berpasang-pasangan. Apa saja hikmah dibalik adanya pasangan ini?

Allah swt berfirman,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu merasa tenteram kepadanya, dan Dia Menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.(QS.ar-Rum:21)

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Setiap penciptaan memiliki tujuan. “Dia Menciptakan untukmu.”

2. Lelaki dan wanita tercipta dari satu jenis yang sama. Berbeda dengan sebagian keyakinan yang menganggap wanita berada dibawah lelaki atau bahkan tercipta dari jenis yang lain. “Dia Menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri.”

3. Istri maupun suami harus menjadi sebab terwujudnya ketentraman dalam rumah tangga, bukan malah menjadi sebab kehancuran dan kegelisahan. “agar kamu merasa tenteram kepadanya.”

4. Tujuan menikah bukan hanya untuk pemuasan libido jasmani saja. Lebih dari itu, tujuan menikah adalah untuk kestabilan tubuh dan jiwa. “agar kamu merasa tenteram kepadanya.”

5. Rasa cinta itu adalah hadiah dan pemberian dari Allah swt. Manusia tidak akan meraihnya dengan harta, tahta ataupun selainnya. “dan Dia Menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang.”

6. Setiap orang yang berusaha untuk merusak ikatan kecintaan diantara suami istri, maka ia telah keluar dari jalan ketaatan kepada Allah dan mengikuti jejak setan. “dan Dia Menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang.”

7. Hubungan suami istri harus dibangun dengan pondasi cinta dan kasih sayang. Karena hanya dengan keduanya, hubungan ini akan mampu bertahan. rasa cinta dan kasih sayang.”

8. Rasa cinta dan kasih sayang akan tumbuh jika keduanya ada bersamaan dalam hubungan rumah tangga. Karena cinta tanpa kasih sayang akan menjadi dingin dan kasih sayang tanpa cinta tidak akan bertahan lama. “rasa cinta dan kasih sayang.”

9. Hanya orang-orang yang mau berpikir yang akan menjadikan pernikahan sebagai bangunan cinta dan kasih sayang. “Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Semoga yang belum menemukan pasangannya dapat segera dipertemukan oleh Allah swt. Dan yang telah memiliki pasangan agar mendapatkan hadiah mawaddah dan rahmah dari-Nya.

Komentar

LEAVE A REPLY