Jangan Mudah Menampakkan Kenikmatan yang Kau Miliki !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

قَالَ يَا بُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُؤْيَاكَ عَلَىٰ إِخْوَتِكَ فَيَكِيدُوا لَكَ كَيْدًا

Dia (ayahnya) berkata, “Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasakan)mu.” (QS.Yusuf:5)

Kita semua tau bahwa saudara-saudara Yusuf adalah anak-anak dari seorang nabi. Namun Nabi Ya’qub melarang Yusuf untuk menceritakan mimpinya kepada saudara-saudaranya. Kenapa?

Karena mimpi itu adalah isyarat kemuliaan Yusuf diatas saudara-saudaranya. Jangan mudah menampakkan kenikmatan yang kita miliki, karena terkadang saudara pun bisa memiliki rasa iri dan hasud.

Jiwa manusia memiliki rasa iri dan cemburu. Mereka tidak senang ketika melihat ada orang lain yang diatasnya. Karena itu jangan mudah menceritakan kelebihan yang kita miliki pada orang lain.

Rasulullah saw bersabda,

اِسْتَعِيْنُوا عَلَى قَضَاءِ حَوَائِجِكُمْ بِالْكِتْمَان، فَإِنَّ كُلَّ ذِي نِعْمَةٍ مَحْسُود

“Mohonlah bantuan untuk menyelesaikan hajat-hajat (kebutuhan-kebutuhan) kalian dengan sembunyi-sembunyi. Karena setiap yang memiliki kenikmatan pasti banyak yang dengki.”

Kuncilah lisan kita dari menceritakan kenikmatan dan kelebihan yang kita miliki. Berceritalah ketika untuk sesuatu yang penting dan mendesak.

Kita perlu security dalam menjalani hidup. Dan pengamanan terbaik adalah dengan diam dan tidak banyak bicara. Disaat kita melesat cepat, banyak orang yang tidak terima saat kita berada didepan mereka. Banyak yang tidak rela jika kita maju. Karena itu kita diperintahkan untuk berlindung dari orang-orang yang iri dan dengki.

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“…dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.” (QS.Al-Falaq:1 & 5)

Semoga bermanfaat …

Komentar

LEAVE A REPLY