Khazanahalquran.com – Al-Qur’an dipenuhi dengan berbagai macam mukjizat dan keajaiban. Firman Allah memang jauh berbeda dengan perkataan manusia. Bukan hanya disisi makna dan kandungannya, keajaiban Al-Qur’an juga dapat kita temukan dalam bentuk kata dan jumlah bilangannya.

Kali ini kita akan temukan dua kata yang berlawanan (anonim) namun hanya dibedakan dengan satu titik. Apakah dua kata itu?

Pertama, Tahassus (التحسُّس) adalah mencari tau tentang sesuatu demi kebaikan.

يَا بَنِيَّ اذْهَبُواْ فَتَحَسَّسُواْ مِن يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلاَ تَيْأَسُواْ مِن رَّوْحِ اللّهِ إِنَّهُ لاَ يَيْأَسُ مِن رَّوْحِ اللّهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ -٨٧-

Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.”(Yusuf 87)

 

Kedua, Tajassus (التّجسّس) adalah mencari tau tentang sesuatu demi keburukan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضاً أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتاً فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ -١٢-

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (Al-Hujurat 12)

 

Ajaibnya, dua kata yang berlawanan ini hanya dibedakan dengan tanda titik.

(التَحَسُّس)

dan

(التَّجَسُّس)

 

Komentar

LEAVE A REPLY