Khazanahalquran.com – Kali ini kita akan membahas salah satu Sunnatullah yang pasti terjadi yaitu pertolongan Allah kepada para rasul dan orang-orang yang beriman. Yakni kemenangan kebenaran atas kebatilan adalah janji Allah yang pasti terjadi. Mari kita simak ayat berikut ini,

إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ – يَوْمَ لَا يَنفَعُ الظَّالِمِينَ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ

“Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat),

(yaitu) hari ketika permintaan maaf tidak berguna bagi orang-orang zalim dan mereka mendapat laknat dan tempat tinggal yang buruk. (QS.Ghofir:51-52)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Kita tidak boleh ragu sama sekali dalam menanti pertolongan dari Allah swt. (Dalam ayat ini Allah Menggunakan berbagai macam penekanan seperti kata Inna dan Lam.) “Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman.”

2. Yakin dengan pertolongan Allah adalah motivasi terbesar bagi kaum muslimin untuk tetap tenang dan tegar dalam memperjuangkan kebenaran. “Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman.”

3. Ayat ini menunjukkan bahwa pertolongan Allah bentuknya bermacam-macam. Bisa dengan menggagalkan rencana musuh atau melalui jalan apapun yang tak terduga. “Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman.”

4. Kabar gembira ini adalah sesuatu yang menenangkan hati orang-orang mukmin. Namun jika dibarengi dengan ancaman kepada musuh, maka akan lebih memantapkan hati mereka yang beriman. (yaitu) hari ketika permintaan maaf tidak berguna bagi orang-orang zalim dan mereka mendapat laknat.”

5. Iman kepada Allah dan Iman kepada datangnya pertolongan-Nya adalah dua keyakinan yang tidak boleh terpisahkan. Jika kita beriman kepada Allah maka harus untuk meyakini pertolongan-Nya juga.

Sebagaimana kita meyakini bahwa esok matahari akan terbit dari timur dan tenggelam di barat, maka iman kita kepada pertolongan Allah harus seyakin itu. Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia.”

6. Semua orang akan menghadapi cobaan dan gangguan di muka bumi ini. Apalagi para pejuang kebenaran, mereka akan mendapatkan gangguan yang jauh lebih dahsyat. Tapi tenanglah karena semua itu akan segera berlalu, karena janji Allah akan Menurunkan pertolongan di dunia. “Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia.”

7. Manusia selalu membutuhkan pertolongan Allah, sementara pertolongan itu datangnya tidak terduga. Terkadang melalui angin seperti di perang khandak. Atau burung kecil bernama Ababil yang menghancurkan pasukan gajah. Atau bahkan melalui seekor nyamuk yang membunuh Namrud. “Sesungguhnya Kami akan Menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia.”

 

Pertolongan Allah adalah hal yang pasti. Semoga Allah segera menurunkan pertolongan-Nya kepada saudara-saudara muslimin yang sedang tertindas dan tak berdaya. Semoga Allah segera Menghancurkan musuh yang ingin melenyapkan Islam dan kaum muslimin.

Komentar

LEAVE A REPLY