Khazanahalquran.com – Sampailah kita pada ayat tentang tanda kekuasaan Allah yang terakhir dalam Surat Ar-Rum. Allah Berfirman,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَن يُرْسِلَ الرِّيَاحَ مُبَشِّرَاتٍ وَلِيُذِيقَكُم مِّن رَّحْمَتِهِ وَلِتَجْرِيَ الْفُلْكُ بِأَمْرِهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah bahwa Dia Mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan agar kamu merasakan sebagian dari rahmat-Nya dan agar kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) agar kamu dapat mencari sebagian dari karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur.(QS.ar-Rum:46)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Tidak ada sekecil apapun di alam ini yang terjadi secara kebetulan. Bahkan gerakan angin pun tunduk pada kehendak Allah swt. Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah bahwa Dia Mengirimkan angin.”

2. Semua manfaat yang kita dapatkan dari gerakan angin adalah tanda Kekuasaan Allah dan bagian dari rahmat-Nya. Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya… dan agar kamu merasakan sebagian dari rahmat-Nya.”

3. Geraknya kapal dilautan berada ditangan Allah swt, maka tidak ada lagi alasan untuk mengingkari keberadaan-Nya. Dialah yang Menetapkan semua hukum alam yang menjadi sebab bergeraknya kapal diatas air. dan agar kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya.”

4. Salah satu yang diwasiatkan Al-Qur’an adalah agar kita berusaha untuk mencari rezeki yang halal. dan (juga) agar kamu dapat mencari sebagian dari karunia-Nya.”

5. Angin adalah nikmat yang harus disyukuri, walau kita jarang menyadari betapa besar manfaat yang dihasilkannya. dan agar kamu bersyukur.

وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ

“Dan Kami telah Meniupkan angin untuk mengawinkan dan Kami Turunkan hujan dari langit, lalu Kami Beri minum kamu dengan (air) itu, dan bukanlah kamu yang menyimpannya.” (QS.al-Hijr:22)

 

Begitu banyak nikmat Allah yang jarang kita sadari. Sempatkan waktu untuk duduk sejenak dan bertafakur, mengingat semua nikmat-nikmat Allah dan bersyukur kepada-Nya. Walau kita tidak mampu mensyukuri semua nikmat-Nya, berusahalah untuk selalu bersyukur karena tambahan nikmat hanya untuk mereka yang bersyukur.

Komentar

LEAVE A REPLY