Khazanahalquran.com – Salah satu tanda kebesaran Allah adalah berdirinya langit dan bumi dan adanya hari kiamat. Allah swt Berfirman,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَن تَقُومَ السَّمَاء وَالْأَرْضُ بِأَمْرِهِ ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً مِّنَ الْأَرْضِ إِذَا أَنتُمْ تَخْرُجُونَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan kehendak-Nya. Kemudian apabila Dia Memanggil kamu dengan sekali panggilan dari bumi, seketika itu kamu keluar (dari kubur).” (QS.ar-Rum:25)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Aturan penciptaan yang luar biasa ini bukanlah kebetulan dan tidak ada campur tangan dari siapapun. Semua itu adalah murni kehendak Ilahi. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan kehendak-Nya.”

2. Terjadinya hari kiamat adalah kehendak Allah dan panggilan dari-Nya untuk seluruh manusia. “Kemudian apabila Dia Memanggil kamu dengansekali panggilan dari bumi.”

3. Jika panggilan Nabi Ibrahim saja bisa menjadikan mayat burung menjadi hidup,

ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِينَكَ سَعْياً

“Kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” (QS.al-Baqarah:260)

Apalagi panggilan Allah swt ? “Kemudian apabila Dia Memanggil kamu dengan sekali panggilan dari bumi, seketika itu kamu keluar (dari kubur).”

4. Keimanan pada adanya penciptaan adalah mukaddimah dari keimanan pada hari kiamat. Karena Siapa yang menciptakan pasti mampu mematikan dan menghidupkan ciptaannya kembali. “seketika itu kamu keluar (dari kubur).”

5. Hari kiamat tidak hanya kebangkitan ruh, tapi juga kebangkitan jasad. “dari bumi, seketika itu kamu keluar (dari kubur).”

6. Hari kiamat terjadi secara spontan, tidak terjadi secara bertahap. “seketika itu kamu keluar (dari kubur).”

 

Semoga kita termasuk orang-orang yang selamat disaat menghadapi panggilan yang membangkitkan seluruh manusia.

Komentar

LEAVE A REPLY