Semua Doamu akan Terkabul Pada Waktunya

khazanahalquran.com – Salah satu keyakinan yang harus kita miliki adalah Allah akan menyelesaikan urusan kita. Allah selalu memberi jalan keluar dari semua masalah yang kita hadapi. Dan Allah akan mengabulkan doa-doa yang kita minta.

Namun harus kita pahami bahwa kapan doa itu dikabulkan atau kapan masalah kita diselesaikan, semuanya ditentukan waktunya oleh Allah swt.

Terkadang masalah kita cepet terselesaikan, atau doa kita segera terkabul karena memang timingnya tepat. Tapi di waktu lain kadang permintaan kita diakhirkan bahkan dikabulkan di detik-detik terakhir disaat kita mulai putus asa. Rahasia waktu itu semuanya berada ditangan Allah swt.

Teringat kisah Nabi Ibrahim as ketika beliau selalu berdoa kepada Allah dari sejak muda agar Allah memberikan keturunan,

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang shalih.” (QS.Ash-Shaffat:100)

Namun kapan doa ini terkabul?

Waktu terus berjalan namun beliau belum juga mendapatkan keturunan. Hingga sampai lah beliau di umur yang sudah tua, dan di waktu inilah doa itu terkabul.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَهَبَ لِي عَلَى الْكِبَرِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ ۚ إِنَّ رَبِّي لَسَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishak. Sungguh, Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.”
(QS.Ibrahim:39)

Kisah ini memberikan pelajaran bahwa teruslah berusaha, teruslah berdoa karena pasti Allah akan mengabulkan doa kita. Tapi ingatlah selalu kapan semua itu terwujud? Waktunya ditentukan oleh Allah swt bukan ditangan kita. Karena Dia-lah Yang Maha Mengetahui kapan waktu yang terbaik untuk kita.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY