Tidak Ada yang Mampu Mengancam dan Menakuti Seorang Mukmin !

khazanahalquran.com – Ancaman dan gertakan tak akan mampu menggoyang pendirian seorang mukmin. Karena ia telah menyerahkan dirinya kepada Allah, telah berpasrah diri mutlak kepada-Nya dan ia meyakini bahwa tidak ada yang mampu melindungi dirinya selain Allah.

Seorang mukmin memiliki keyakinan bahwa hanya Allah lah sumber kekuatan. Karena itu Al-Qur’an membawa bermacam contoh ketika kaum mukminin diancam, disaat itu pula iman mereka semakin kuat. Ketika mereka ditakut-takuti, disaat itu pula mereka semakin berani.

Seperti dalam peperangan yang dikenal dengan Hamro’ul Asad, ketika mereka ditakuti dengan jumlah musuh yang begitu banyak, namun ternyata banyaknya  musuh tidak menggetarkan hati kaum mukminin malah semakin memperkuat iman mereka.

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.” (QS.Ali ‘Imran:173)

Begitu pula dalam perang Ahzab, Allah berfirman,

وَلَمَّا رَأَى الْمُؤْمِنُونَ الْأَحْزَابَ قَالُوا هَٰذَا مَا وَعَدَنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَصَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ ۚ وَمَا زَادَهُمْ إِلَّا إِيمَانًا وَتَسْلِيمًا

Dan ketika orang-orang mukmin melihat golongan-golongan (yang bersekutu) itu, mereka berkata, “Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita.” Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu menambah keimanan dan keislaman mereka. (QS.Al-Ahzab:22)

Karena itu tidak heran jika hari-hari ini kita melihat para pemuda berebut untuk menjadi pejuang yang membela agama serta menjaga keutuhan bangsa. Tidak ada rasa takut dalam hati mereka bahkan kesyahidan adalah impian mereka.

Semoga Allah menjaga saudara kita kaum mukminin.

Komentar

LEAVE A REPLY