2 Tipe Manusia dalam Memandang Harta Orang Kaya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

2 Tipe Manusia dalam Memandang Harta Orang Kaya

khazanahalquran.com – Nama Qarun sudah tak asing lagi di telinga kita. Konglomerat congkak yang kisahnya diabadikan didalam Al-Qur’an.

Kali ini kita tidak akan membahas pribadi Qarun, namun kita akan melihat bagaimana masyarakat menyikapi Qarun dengan gelimang harta yang ia miliki.

Bila kita memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an, kita akan temukan dua tipe manusia dalam memandang kekayaan dan kemegahan Qarun.

Ketika Qarun melakukan pawai dengan show kekayaan dan kemegahan yang ia miliki, masyarakat terbagi menjadi dua tipe dalam menyikapinya.

Tipe pertama adalah mereka yang kagum dan berharap menjadi seperti Qarun.

Allah swt menceritakan,

فَخَرَجَ عَلَىٰ قَوْمِهِ فِي زِينَتِهِ ۖ قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Maka keluarlah dia (Karun) kepada kaumnya dengan kemegahannya. Orang-orang yang menginginkan kehidupan dunia berkata, “Mudah-mudahan kita mempunyai harta kekayaan seperti apa yang telah diberikan kepada Karun, sesungguhnya dia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.” (QS.Al-Qashash:79)

Tipe kedua adalah orang-orang berilmu yang mengamalkan ilmunya serta menjadikan akhirat sebagai tujuan hidupnya. Mereka memandang kemegahan itu sebagai sesuatu yang biasa saja, karena bagi mereka pahala Allah jauh lebih mulia.

وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَيْلَكُمْ ثَوَابُ اللَّهِ خَيْرٌ لِمَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا وَلَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الصَّابِرُونَ

Tetapi orang-orang yang dianugerahi ilmu berkata, “Celakalah kamu! Ketahuilah, pahala Allah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dan (pahala yang besar) itu hanya diperoleh oleh orang-orang yang sabar.” (QS.Al-Qashash:80)

Kira-kira dimana posisi kita?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain