3 Pesan Al-Qur’an Yang Wajib Kita Perhatikan !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

3 Pesan Al-Qur’an Yang Wajib Kita Perhatikan !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman dalam Surat Al-Ashr :

وَٱلۡعَصۡرِ – إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَفِي خُسۡرٍ – إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ

“Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS.Al-‘Ashr:1)

Dalam ayat lain Allah swt berfirman :

ثُمَّ كَانَ مِنَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡمَرۡحَمَةِ

“Kemudian dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.” (QS.Al-Balad:17)

Ayat-ayat di atas sedang memberikan kepada kita pesan penting yang harus selalu di gaungkan. Pada ayat-ayat di atas kita akan menemukan kalimat تَواصَوا yang di ulang beberapa kali, yang artinya adalah saling menasehati dan saling mengingatkan.

Apa saja yang diperintahkan oleh Al-Qur’an untuk saling memberi nasehat dan mengingatkan diantara sesama?

Ada tiga hal penting yang harus selalu kita gaungkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Saling menasehati tentang kebenaran.

2. Saling menasehati tentang kesabaran.

3. Saling menasehati tentang saling mengasihi dan menyayangi satu sama lain.

Perintah untuk saling mengingatkan dalam tiga hal ini adalah bukti bahwa gerakan ini harus di lakukan bersama-sama, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri.

Setiap dari kita punya tugas untuk saling mengingatkan tentang jalan kebenaran, kemudian mengingatkan tentang kesabaran dalam menghadapi kehidupan dan sabar dalam menjalani ketaatan kepada Allah swt. Dan tak lupa untuk saling mengingatkan tentang kasih sayang antar manusia dan selalu menebar cinta di antara mereka.

Tiga pesan ini adalah pesan yang sangat penting sehingga Al-Qur’an memerintahkan kita untuk saling mengingatkan tentangnya.

Karena pondasi agama ini adalah menjalin hubungan dengan Sang Pencipta dan berjalan di jalan ini membutuhkan kesabaran yang kuat. Lalu pondasi kedua adalah hubungan antara manusia yang harus di bangun dengan rahmat dan kasih sayang antar sesama.

Semoga kita bisa menjalankan tugas untuk saling mengingatkan dan menasehati di antara kita, khususnya tiga pesan yang sangat penting ini.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Comments 1

  1. Anonim says:

    yuk mainkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain