3 Syarat Meraih Kemenangan dan Kesuksesan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

3 Syarat Meraih Kemenangan dan Kesuksesan

khazanahalquran.com – Setiap manusia mendambakan kemenangan. Setiap insan ingin meraih cita-citanya. Dan setiap orang ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya.

Dalam Surat An-Nur Allah menyebutkan tiga syarat bagi mereka yang ingin meraih kemenangan dan kesuksesan tersebut.

Allah swt berfirman,

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَيَخۡشَ ٱللَّهَ وَيَتَّقۡهِ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡفَآئِزُونَ

“Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” (QS.An-Nur:52)

Tiga syarat itu adalah :

(1) Taat mutlak kepada Allah dan Rasul-Nya.

Syarat pertama adalah taat mutlak dengan semua ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Setiap perintah dan larangan yang datang hanya akan disambut dengan seruan Sami’na w Atho’na, Saya mendengar dan saya terima dengan ketaatan.

(2) Takut kepada Allah

Rasa takut kepada Allah adalah pondasi dan jalan untuk mendekat kepada-Nya. Tanpa rasa takut seorang hamba akan semakin jauh dari Allah swt.

Rasa takut itu akan melindungi dirinya dari pelanggaran-pelanggaran dan dosa. Kemudian dari rasa takut itu akan melahirkan buah yaitu takwa.

(3) Ketakwaan

Buah dari rasa takut adalah takwa. Takwa adalah antibodi yang melindungi manusia dari hal-hal yang melawan ketentuan Allah swt. Takwa adalah bekal terpenting yang membentengi diri manusia di jalan yang berliku menuju keridhoan Allah swt.

Tiga syarat ini adalah syarat utama untuk meraih kemenangan dan kesuksesan di dunia. Tanpa tiga bekal ini manusia akan terjerumus dalam lubang kehinaan dan dosa.

Ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Rasa takut kepada Allah yang selalu memonitor semua gerak geriknya dan ketakwaan yang akan menjaganya dari dosa akan mengantarkan seseorang dalam kesuksesan dunia sebelum kelak meraih kebahagiaan di akhirat.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain