4 Ilmu Yang Wajib Anda Ingat Selalu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

4 Ilmu Yang Wajib Anda Ingat Selalu !

khazanahalquran.com – Pada kajian sebelumnya kita telah membahas tentang tujuan penciptaan manusia. Nah, untuk mencapai tujuan puncak ini kita perlu memahami dan sering merenungkan empat hal dibawah ini :

1. Bahwa dunia ini hanya tempat ujian, maka sangat lucu bila kita menginginkan hidup yang serba nyaman di ruangan ujian.

ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡغَفُورُ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (QS.Al-Mulk:2)

2. Bahwa Allah swt tidak akan pernah memberi taklif atau tanggung jawab kepada kita diluar kemampuan kita, begitu pula Allah tidak akan memberi ujian atau cobaan diluar kemampuan manusia. Maka jangan pernah putus asa dalam menghadapi situasi apapun.

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS.Al-Baqarah:286)

3. Bahwa kesuksesan dan kebahagiaan itu mustahil akan diraih kecuali dengan kesungguhan, kerja keras dan pengorbanan.

Allah swt berfirman :

وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ – وَأَنَّ سَعۡيَهُۥ سَوۡفَ يُرَىٰ – ثُمَّ يُجۡزَىٰهُ ٱلۡجَزَآءَ ٱلۡأَوۡفَىٰ

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya),kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (QS.An-Najm:39)

4. Bahwa manusia itu sangat lemah dan bergantung total kepada Allah. Maka sudah selayaknya ia memohon bantuan dan pertolongan Allah dari mulai yang paling kecil hingga hal-hal yang besar.

Allah swt berfirman :

يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُخَفِّفَ عَنكُمۡۚ وَخُلِقَ ٱلۡإِنسَٰنُ ضَعِيفٗا

“Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah.” (QS.An-Nisa’:28)

۞يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ أَنتُمُ ٱلۡفُقَرَآءُ إِلَى ٱللَّهِۖ وَٱللَّهُ هُوَ ٱلۡغَنِيُّ ٱلۡحَمِيدُ

“Wahai manusia! Kamulah yang memerlukan Allah; dan Allah Dialah Yang Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu), Maha Terpuji.” (QS.Fathir:15)

Bila kita bisa berpegangan dengan empat keyakinan ini dan tidak lalai darinya maka Isya Allah kita kuat menghadapi segala macam rintangan dalam hidup tanpa pernah putus asa, karena Allah selalu bersama kita.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 200 pelanggan lain