Akhirat, Negeri Orang-Orang Bertakwa !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Akhirat, Negeri Orang-Orang Bertakwa !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَقِيلَ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا مَاذَا أَنْزَلَ رَبُّكُمْ ۚ قَالُوا خَيْرًا ۗ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ الْآخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ الْمُتَّقِينَ

Dan kemudian dikatakan kepada orang yang bertakwa, “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?”

Mereka menjawab, “Kebaikan.” Bagi orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (balasan) yang baik. Dan sesungguhnya negeri akhirat pasti lebih baik. Dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa. (QS.An-Nahl:30)

Akhirat adalah Negerinya orang-orang yang bertakwa. Disana mereka dihormati dan dimuliakan bagai duta-duta dan delegasi terhormat. Semua fasilitas dan kenikmatan disediakan untuk mereka dan tidak ada jamuan yang lebih sempurna dari jamuan Allah swt.

Allah swt berfirman,

يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا

“(Ingatlah) pada hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang bertakwa kepada (Allah) Yang Maha Pengasih, bagaikan kafilah yang terhormat.” (QS.Maryam:85)

Akhirat bagaikan tanah air bagi orang-orang yang bertakwa. Tentu kita tau bagaimana bahagianya orang yang lama merantau dengan segala rintangan dan masalah yang ia hadapi, lalu tiba saatnya kembali ke kampung halaman.

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

Katakanlah (Muhammad), “Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?” (QS.Al-Furqan:15)

Ketika seseorang kembali dari perantauannya, semua keluarga telah menanti dan menyiapkan segalanya untuk menyambut kedatangan yang dinanti. Begitupula negeri akhirat juga merindukan kembalinya orang-orang bertakwa ke kampung halaman mereka. Karena itu ketika seseorang berusaha mendekat kepada Allah satu langkah maka Allah akan mendekat sepuluh langkah kepadanya.

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa.” (QS.Asy-Syu’ara:90)

Lalu tidakkah kita merindukan kampung halaman yang sebenarnya?

Sekarang adalah waktu bagi kita untuk memantaskan diri agar tergolong sebagai orang-orang yang bertakwa. Karena negeri akhirat dengan seluruh kenikmatannya hanya milik orang-orang yang bertakwa.

وَالْآخِرَةُ عِنْدَ رَبِّكَ لِلْمُتَّقِينَ

“Sedangkan kehidupan akhirat di sisi Tuhanmu disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS.Az-Zukhruf:35)

تِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي نُورِثُ مِنْ عِبَادِنَا مَنْ كَانَ تَقِيًّا

“Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.” (QS.Maryam:63)

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain