Akibat Menghina Orang-Orang yang Beriman

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Akibat Menghina Orang-Orang yang Beriman

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

فَاتَّخَذْتُمُوهُمْ سِخْرِيًّا حَتَّىٰ أَنْسَوْكُمْ ذِكْرِي وَكُنْتُمْ مِنْهُمْ تَضْحَكُونَ

“Lalu kamu jadikan mereka buah ejekan, sehingga kamu lupa mengingat Aku, dan kamu (selalu) menertawakan mereka. (QS.Al-Mu’minun:110)

Ayat ini ingin menjelaskan bahwa orang yang sibuk mengejek orang lain akan lupa mengingat Allah. Artinya orang yang sibuk menghina, menertawakan dan merendahkan orang lain pasti karena perbuatan itu ia akan melupakan Allah swt.

Ayat ini berada ditengah-tengah kisah orang-orang yang masuk neraka karena perbuatan-perbuatan busuk mereka. Dan salah satu perbuatan keji itu adalah ketika mereka lupa kepada Allah.

Apa sebab mereka menjadi lupa?

Karena mereka sering mengejek orang-orang yang beriman.

Karena itu hendaklah kita waspadai bahwa siapa yang sibuk mencari kesalahan orang lain, yang sibuk menertawakan dan menghinakan orang lain, pasti dia akan menjadi orang yang lalai dalam mengingat Allah.

Namun bagi mereka yang menjadi korban hinaan dan pelecehan, hendaknya ia tenang karena dalam ayat selanjutnya Allah berfirman,

إِنِّي جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوا أَنَّهُمْ هُمُ الْفَائِزُونَ

“Sesungguhnya pada hari ini Aku memberi balasan kepada mereka, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan.” (QS.Al-Mu’minun:111)

Mereka yang ditertawakan dan menjadi bahan ejekan itu akan menjadi orang yang paling beruntung disebabkan karena kesabaran mereka.

Jangan sibuk mengoreksi, mengejek dan menertawakan orang lain. Lebih baik kita sibuk mencari kesalahan diri sendiri dan memperbaikinya. Karena orang yang sibuk menjatuhkan orang lain tidak akan punya waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain