Alangkah Indahnya Islam !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Alangkah Indahnya Islam !

khazanahalquran.com – Islam adalah agama yang indah, penuh cinta dan kasih sayang. Semua tuntunan Al-Qur’an mengarah kepada kebaikan dan selalu menampilkan yang terbaik.

Mari kita simak beberapa ayat dibawah ini :

1. Al-Qur’an mengajarkan bahwa bila kita hendak berbicara maka berbicara lah yang baik, siapapun lawan bicara kita.

Allah swt berfirman :

وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسۡنٗا

“Dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia.” (QS.Al-Baqarah:83)

Ayat ini mengutip kata “An-Nas” yang artinya kita diperintahkan untuk berbicara yang baik kepada semua manusia. Berbicara yang baik bukan hanya kepada yang satu kelompok dengan kita, satu agama atau satu pemikiran saja. Tapi kepada semua manusia tanpa terkecuali.

2. Al-Qur’an mengajarkan apabila kita hendak beramal atau berbuat sesuatu maka lakukan sesuatu bukan sekedar yang baik, tapi usahakan untuk melakukan sesuatu yang terbaik.

Allah swt berfirman dalam banyak ayat, salah satunya adalah :

ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.” (QS.Al-Mulk:2)

3. Al-Qur’an mengajarkan apabila seseorang berbuat baik kepada kita walau hanya dengan mengucapkan salam atau memberi hadiah atau kebaikan apapun maka kita diperintahkan untuk membalas kebaikan itu dengan sesuatu yang lebih baik dari yang ia berikan. Bila kita tidak mampu membalas yang lebih baik maka kita dibolehkan untuk membalas yang sama.

Allah swt berfirman :

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٖ فَحَيُّواْ بِأَحۡسَنَ مِنۡهَآ أَوۡ رُدُّوهَآۗ

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya.” (QS.An-Nisa’:86)

4. Al-Qur’an mengajarkan kepada kita untuk selalu memberi peluang terhadap orang yang berbuat salah. Al-Qur’an mengajak kita untuk memiliki hati yang lapang untuk memberi maaf.

Allah swt berfirman :

وَلۡيَعۡفُواْ وَلۡيَصۡفَحُوٓاْۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغۡفِرَ ٱللَّهُ لَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS.An-Nur:22)

Bukankah kita juga banyak kesalahan dihadapan Allah dan mengharapkan ampunan-Nya? Sebagaimana kita berharap ampunan Allah, maka maafkanlah orang-orang yang pernah berbuat salah kepadamu.

5. Al-Qur’an mengajarkan bahwa apabila ada yang berbuat tidak baik kepada kita maka kita tidak diizinkan untuk membalas keburukannya dengan keburukan, tapi balaslah keburukan itu dengan kebaikan. Karena dengan cara ini musuhmu bisa menjadi kawan setiamu !

Allah swt berfirman:

وَلَا تَسۡتَوِي ٱلۡحَسَنَةُ وَلَا ٱلسَّيِّئَةُۚ ٱدۡفَعۡ بِٱلَّتِي هِيَ أَحۡسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِي بَيۡنَكَ وَبَيۡنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِيٌّ حَمِيمٞ

“Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan an-tara kamu dan dia akan seperti teman yang setia.” (QS.Fushilat:34)

6. Al-Qur’an mengajarkan agar kita tidak melupakan kebaikan orang lain.

Seringkali satu kesalahan menutupi ribuan kebaikan seseorang. Maka jangan pernah kita melupakan kebaikan orang lain hanya karena sedikit kesalahan yang ia lakukan.

Allah swt berfirman :

وَلَا تَنسَوُاْ ٱلۡفَضۡلَ بَيۡنَكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعۡمَلُونَ بَصِيرٌ

“Dan janganlah kamu lupa kebaikan di antara kamu. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS.Al-Baqarah:237)

Itulah beberapa poin tentang keindahan Islam. Tentu masih banyak lagi keindahan-keindahan Al-Qur’an yang tak akan habis untuk kita ungkap.

Mari kita tampilkan keindahan Islam sejati menurut tuntunan Al-Qur’an.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 200 pelanggan lain