Allah Memberi Rezeki Hamba-Nya Sesuai Keinginan-Nya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Allah Memberi Rezeki Hamba-Nya Sesuai Keinginan-Nya

khazanahalquran.com – Allah Swt Berfirman :

ٱللَّهُ لَطِيفُۢ بِعِبَادِهِۦ يَرۡزُقُ مَن يَشَآءُۖ وَهُوَ ٱلۡقَوِيُّ ٱلۡعَزِيزُ

“Allah Mahalembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan Dia Mahakuat, Mahaperkasa.” (QS.Asy-Syura:19)

Ayat ini ingin menjelaskan bahwa Allah Maha Lembut dan penuh belas kasih kepada hamba-Nya. Allah menentukan rezeki untuk hamba-Nya sesuai dengan Ilmu Allah tentang apa yang terbaik bagi mereka. Bukan hanya seperti apa yang diharapkan dan dimohonkan seorang hamba.

Karena terkadang manusia memohon sesuatu, tapi yang diminta itu tidak baik baginya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik baginya.

Allah adalah Sang Pemberi Rezeki yang menjamin semua rezeki hamba-Nya. Dia lah yang paling mengetahuiyang terbaik bagi hamba-Nya saat ini dan akan datang.

Allah Maha Bijaksana sehingga tidak memberi kecuali dengan kebijaksanaan dan tidak menolak kecuali dengan hikmah yang dimilikinya.

Allah memerintahkan kita untuk berusaha mencari rezeki dan Allah menyuruh kita untuk terus berdoa dan memohon kepada-Nya. Bahkan Allah menjanjikan untuk mengkabulkan semua permohonan kita.

Tapi dengan itu semua harus kita yakini bahwa Allah tidak akan pernah memberikan kecuali apa yang Dia inginkan bukan apa yang kita inginkan. Karena Allah lebih mengetahui apa yang terbaik bagi kita.

Karenanya dalam ayat lain Allah mengumpulkan dua Nama-Nya dalam satu ayat yaitu العَليم (Maha Mengetahui) dan الحَكيم (Maha Bijaksana).

إِنَّ رَبِّي لَطِيفٞ لِّمَا يَشَآءُۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلۡعَلِيمُ ٱلۡحَكِيمُ

“Sungguh, Tuhanku Mahalembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana.” (QS.Yusuf:100)

Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita sehinga dengan Rahmat, Ilmu serta Hikmah-Nya Dia memberi apa yang Dia inginkan, bukan yang kita inginkan.

Karenanya bila sesuatu yang kita harapkan belum tercapai, sadarilah bahwa Allah Maha Tahu dengan itu semua. Jika hal itu baik bagimu maka akan segera terwujud dan bila itu kurang baik maka akan digantikan dengan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat..

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain