Allah swt Adalah Pelindung Kaum Mukminin !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Allah swt Adalah Pelindung Kaum Mukminin !

khazanahalquran.com – Berulang kali Al-Qur’an menekankan bahwa Allah swt adalah pelindung, pembela dan penolong kaum mukminin. Simak ayat-ayat berikut ini :

Allah swt berfirman,

(1)

ٱللَّهُ وَلِيُّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ يُخۡرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ

“Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman).” (QS.Al-Baqarah:257)

(2)

وَٱللَّهُ وَلِيُّ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ

“Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman.” (QS.Ali ‘Imran:68)

(3)

ذَٰلِكَ بِأَنَّ ٱللَّهَ مَوۡلَى ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَأَنَّ ٱلۡكَٰفِرِينَ لَا مَوۡلَىٰ لَهُمۡ

“Yang demikian itu karena Allah pelindung bagi orang-orang yang beriman; sedang orang-orang kafir tidak ada pelindung bagi mereka.” (QS.Muhammad:11)

Ayat-ayat semacam ini perlu untuk kita resapi dan kita renungkan. Karena ayat-ayat ini mendinginkan hati yang gelisah dan penuh rasa takut. Ayat-ayat diatas menjadikan hati kita lebih tentram dan lebih tenang.

Semua itu karena keyakinan yang kuat bahwa bersama kita ada pembela yang sangat kuat, yang akan membantu dan menyelamatkan kita dari semua problem dan masalah yang sedang menghampiri.

Ayat ini adalah penghancur semua bisikan pesimis dan putus asa, sehingga muncul kembali harapan dan semangat untuk menghadapi semua rintangan dan masalah. Karena kita meyakini bahwa Allah begitu dekat dan sangat menyayangi hamba-Nya.

Apabila Allah telah menjadi pelindung kita, maka segala sesuatu di alam ini akan dikerahkan untuk melindungi hamba-Nya. Walau terkadang seakan mustahil terjadi, namun bagi Allah semua itu mudah.

Coba renungkan ketika Al-Qur’an menceritakan tentang Nabi Yusuf as, apa yang terjadi ketika Allah menjadi pelindung dan pembelanya?

Allah swt menggerakkan hati kafilah di padang pasir untuk mencari air, lalu mereka pun menyelamatkan Yusuf dari dasar sumur.

Penguasa Mesir yang tak memiliki keturunan kemudian ingin mengadopsi seorang anak, akhirnya Allah kirimkan Yusuf untuk hidup di Istana Mesir.

Ketika Allah ingin mengeluarkan Yusuf dari penjara, Allah kirimkan mimpi kedalam tidur si penguasa dan tak ada yang mampu menafsirkannya kecuali Yusuf, sehingga ia pun dibebaskan.

Allah jadikan seluruh penduduk Mesir hidup dalam paceklik dan tidak ada yang bisa menyelamatkan mereka kecuali Yusuf.

Kisah ini menyadarkan kita bahwa ketika Allah menjadi pelindungmu, pasti Allah akan memberikan jalan keluar untuk segala urusanmu !

وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَلِيّٗا وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ نَصِيرٗا

“Cukuplah Allah menjadi pelindung dan cukuplah Allah menjadi penolong (bagimu).” (QS.An-Nisa’:45)

Seringkali Allah menggandengkan kata “pelindung” dan “penolong” dalam satu ayat. Sebagaimana orang-orang kafir disebut pula tak memiliki perlindungan dan pertolongan dari Allah swt.

وَٱلظَّٰلِمُونَ مَا لَهُم مِّن وَلِيّٖ وَلَا نَصِيرٍ

“Dan orang-orang yang zhalim tidak ada bagi mereka pelindung dan penolong.” (QS.Asy-Syura:8)

Tenangkan hatimu dan yakinlah selalu bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang beriman.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain