Apakah Dibalik Ujian Ada Keuntungan?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Apakah Dibalik Ujian Ada Keuntungan?

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman :

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَيۡءٖ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٖ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٰلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS.Al-Baqarah:155)

Dunia adalah ruang ujian, setiap sisi dalam hidup ini adalah ujian. Terkadang manusia di uji dengan kesusahan dan tak jarang yang di uji dengan kesenangan.

Dunia adalah alam yang terbatas. Dalam arti kita tidak mampu meraih sesuatu kecuali dengan mengorbankan sesuatu yang lain.

Orang yang ingin sampai pada derajat keilmuan tertentu dan meraih titel yang tinggi harus mengorbankan waktu, tenaga dan menekan berbagai keinginan yang ada dalam dirinya.

Orang yang ingin mendapatkan harta harus mengorbankan tenaga, pikiran dan waktunya bahkan tak jarang yang harus mengorbankan diri untuk tidak bertemu keluarga dalam waktu yang cukup lama.

Apapun yang ingin kita raih di dunia pasti disertai dengan sesuatu yang harus dikorbankan.

Namun ada dua pertanyaan yang perlu kita cari jawabannya.

1. Apakah ujian ini hanya untuk kaum mukminin saja atau untuk seluruh umat manusia tanpa terkecuali?

Kita akan temukan jawaban dalam Firman-Nya :

ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.” (QS.Al-Mulk:2)

Maka ujian itu diperuntukkan untuk semua manusia, bukan untuk kaum mukminin saja.

2. Apakah dibalik ujian ini ada keuntungannya?

Setiap ujian pasti ada hasilnya. Setiap perlombaan pasti ada hadiahnya. Lalu apa keuntungan ujian ini bagi seorang mukmin?

a. Ujian bagi seorang mukmin akan mengokohkan keimanannya dan membuatnya semakin yakin dan pasrah bahwa semua yang terjadi adalah atas Kehendak dan Ketentuan Allah swt. Tugas manusia hanyalah berusaha sesuai dengan kemampuannya.

b. Ujian mendorong manusia untuk lebih bersemangat meraih sesuatu yang ia harapkan. Tantangan membuat seseorang semakin mengasah potensinya untuk menghadapi semua rintangan hidup. Karenanya setiap kali seseorang mampu menghadapi satu ujian maka ia akan menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Jika kita bertanya apakah dibalik ujian ada keuntungan? Bagi seorang mukmin pasti ada ! Karena setidaknya bila ia bersabar pasti ia akan mendapatkan pahala dari kesabarannya itu.

Karena itu di akhir ayat diatas disebutkan :

وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar..”

Kesabaran membawa kita pada dua hadiah yang menanti. Hadiah berupa pahala dari Allah dan hadiah berupa kesuksesan atas kesabaran kita di dunia. Karena tiada kesuksesan tanpa kesabaran.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Comments 1

  1. sobir ahmad says:

    Obati. Kesusahan dengan solat dan sabar..dan selamaasih ada mafas. Setiapahluknya.pasti ada rezekinya. Ok itu janji allph todak akan menyalahi pasti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain