Apakah Sekedar Membaca Al-Qur’an Memiliki Pengaruh Kepada Pembacanya?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Apakah Sekedar Membaca Al-Qur’an Memiliki Pengaruh Kepada Pembacanya?

khazanahalquran.com – Pertanyaan yang mungkin sering muncul dalam benak kita adalah apakah membaca Al-Qur’an tanpa mengetahui arti dan maknanya memiliki pengaruh yang positif kepada pembacanya?

Sebelumnya kita harus pahami terlebih dahulu bahwa Al-Qur’an bukanlah ucapan manusia, yang tidak akan memberi manfaat apa-apa bila tidak diketahui maknanya. Al-Qur’an adalah cahaya Ilahi, yang membacanya memiliki nilai ibadah tersendiri walau si pembaca tidak mengetahui maknanya sama sekali. Karena itu dalam berbagai riwayat dan hadist disebutkan besarnya pahala orang-orang yang membaca Al-Qur’an.

Kemudian jika sudah jelas pengaruh dan pentingnya membaca Al-Qur’an, kita harus naik ke level yang lebih tinggi yaitu sebuah kesadaran bahwa Allah Swt hendak berbincang dengan hamba-Nya melalui Al-Qur’an. Karenanya dalam setiap hendak membaca Al-Qur’an kita harus mempersiapkan diri dengan kesucian dhohir dan batin sehingga kita akan semakin terikat dengan Al-Qur’an dan tidak mau jauh darinya. Tidak boleh ada sehari pun terlewatkan tanpa kita membaca Al-Qur’an, walau hanya 50 ayat.

Allah Swt menjadikan Rasulullah Saw berada dibawah “perlindungan-Nya” secara langsung. Allah Swt berfirman :

إِنَّ وَلِـِّۧيَ ٱللَّهُ ٱلَّذِي نَزَّلَ ٱلۡكِتَٰبَۖ وَهُوَ يَتَوَلَّى ٱلصَّٰلِحِينَ

“Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an). Dia melindungi orang-orang shalih.” (QS.Al-A’raf:196)

Ayat yang mulia ini mengandung beberapa makna yang perlu kita renungkan.

1. Bahwa Allah Swt adalah Pelindung Rasulullah Saw.
2. Pelindung Rasulullah Saw adalah Dia yang menurunkan Al-Qur’an kepada Rasul Saw.
3. Bahwa Allah Swt juga Pelindung bagi orang-orang sholeh.

Sehingga kesimpulan yang bisa kita dapatkan adalah apabila kita ingin mendapatkan perlindungan Allah maka jalan satu-satunya adalah menjadi orang yang sholeh. Bila kita jauh dari itu maka tentu kita akan jauh pula dari perlindungan Allah Swt.

Nah, cara terbaik untuk menuju keshalehan adalah kedekatan dengan Al-Qur’an. Itulah mengapa dalam ayat tersebur disebutkan bahwa pelindung Rasulullah Saw adalah “Dia Yang Menurunkan Al-Qur’an”. Maka hal ini memberikan isyarat bahwa siapa yang hidupnya dekat dengan Al-Qur’an dan selalu mengikuti Al-Qur’an maka ia akan menjadi orang yang sholeh.

Dan jika Allah ingin melindungi seorang hamba maka pasti ia perlindungan-Nya tidak akan jauh dari Al-Qur’an. Maka jangan pernah lepas dari Al-Qur’an walaupun engkau tidak mengerti maknanya.

فَٱقۡرَءُواْ مَا تَيَسَّرَ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِۚ

“Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an.” (QS.Al-Muzzammil:20)

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain