Awal Tahun, Waktunya Koreksi Diri !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Awal Tahun, Waktunya Koreksi Diri !

khazanahalquran.com – Allah Swt Berfirman :

يَوۡمَئِذٖ يَصۡدُرُ ٱلنَّاسُ أَشۡتَاتٗا لِّيُرَوۡاْ أَعۡمَٰلَهُمۡ

“Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.” (QS.Az-Zalzalah:6)

Ayat ini menjelaskan bahwa kita semua kelak akan dibangkitkan di Hari Kiamat. Dan di hari itu semua amal perbuatan kita dari yang terkecil hingga yang terbesar akan ditampakkan dan di hadirkan.

Bila kita tengok ayat lain, kita dapati pula bahwa manusia kelak hanya akan mendapati hasil dari amal perbuatannya.

وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ – وَأَنَّ سَعۡيَهُۥ سَوۡفَ يُرَىٰ

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya).” (QS.An-Najm:39-40)

وَوَجَدُواْ مَا عَمِلُواْ حَاضِرٗاۗ

“an mereka dapati (semua) apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.Al-Kahfi:49)

Sekecil apapun perbuatan itu, kelak kita pasti akan menemuinya. Tak hanya itu, semua amal perbuatan akan di pertontonkan dan dinampakkan oleh Allah Swt.

Karenanya, jangan pernah kita meremehkan perbuatan buruk sekecil apapun dan jangan pula meremehkan kebaikan sekecil apapun. Karena pasti kelak kita akan bertemu dengannya.

Yang kecil atau
besar menurut kita belum tentu sama di sisi Allah Swt. Bisa saja hal yang menurut kita kecil tapi di sisi Allah hal itu sangatlah besar. Dan begitu juga sebaliknya.

Ingatlah bahwa perbuatan sekecil dzarrah pun akan ditampakkan !

فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرٗا يَرَهُۥ – وَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٖ شَرّٗا يَرَهُۥ

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS.Az-Zalzalah:7)

Maka setelah kita meninggalkan tahun 1441 dan memasuki tahun 1442. Awal-awal tahun ini adalah momen penting untuk kita koreksi diri. Karena hari ini harus lebih baik dari kemarin dan tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin.

Tugas kita hanya melakukan yang terbaik, apapun posisi kita sekarang dan bagaimanapun kondisi kita saat ini. Telah tiba waktunya untuk kita memperbanyak investasi untuk akhirat. Agar ketika kita berjumpa dengan Allah dan diperlihatkan amal nanti, kita akan tergolong sebagai orang-orang yang tersenyum gembira melihat amal-amalan yang dipertontonkan dihadapan kita.

Semoga Bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain