Bagaimana Ratu Saba’ Bisa Menerima Agama Tauhid?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Bagaimana Ratu Saba’ Bisa Menerima Agama Tauhid?

khazanahalquran.com – Kisah Nabi Sulaiman as dan Ratu Saba’ adalah salah satu kisah yang sangat menarik dalam Al-Qur’an. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil di dalamnya, dan tak lupa burung hudhud juga memiliki peran besar dalam kisah ini.

Namun kali ini kita tidak akan berbicara tentang burung Hudhud. Yang ingin kita bahas kali ini adalah bagaimana proses Ratu Saba’ bisa menerima agama Nabi Sulaiman?

Apakah karena melihat kemegahan kerajaan Sulaiman? Atau karena ancaman Sulaiman? Atau karena hal lainnya?

Nabi Sulaiman as memiliki tiga metode dalam menghadapi Ratu dari Negeri Saba’ ini. Mari kita simak ayat-ayat berikut ini :

1. Ancaman

Dalam kisah ini kita temukan bahwa Nabi Sulaiman as pernah memberikan tahdid atau ancaman kepada kaum Saba’.

Allah swt berfirman,

أَلَّا تَعۡلُواْ عَلَيَّ وَأۡتُونِي مُسۡلِمِينَ

“Janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (QS.An-Naml:31)

Atau dalam ayat lain Allah swt berfirman :

فَلَنَأۡتِيَنَّهُم بِجُنُودٖ لَّا قِبَلَ لَهُم بِهَا وَلَنُخۡرِجَنَّهُم مِّنۡهَآ أَذِلَّةٗ وَهُمۡ صَٰغِرُونَ

“Sungguh, Kami pasti akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak mampu melawannya, dan akan kami usir mereka dari negeri itu (Saba’) secara terhina dan mereka akan menjadi (tawanan) yang hina dina.” (QS.An-Naml:37)

Namun ancaman ini tidak menjadikan Ratu Balqis menerima agama Nabi Sulaiman as.

2. Mukjizat

Disaat Ratu Balqis sampai ke pusat kerajaan Nabi Sulaiman di Palestina, ia menemukan singgasananya berada disamping Nabi Sulaiman. Padahal ia telah melakukan perjalanan panjang selama berminggu-minggu dari Negeri Yaman dan bagaimana mungkin singgasananya bisa berpindah ke samping Sulaiman?

فَلَمَّا جَآءَتۡ قِيلَ أَهَٰكَذَا عَرۡشُكِۖ قَالَتۡ كَأَنَّهُۥ هُوَۚ

“Maka ketika dia (Balqis) datang, ditanyakanlah (kepadanya), “Serupa inikah singgasanamu?” Dia (Balqis) menjawab, “Seakan-akan itulah dia.” (QS.An-Naml:42)

Namun Ratu Balqis juga belum beriman setelah melihat mukjizat ini.

3. Tingginya keilmuan

Setelah Ratu Saba’ masuk ke istana Nabi Sulaiman, ia merasa akan melewati sebuah kolam yang penuh air. Lalu ia pun mengangkat pakaiannya agar tidak basah, namun ternyata yang ia pijak adalah lantai yang kering.

Ternyata lantai itu adalah lantai kaca hasil karya arsitek unggulan dari Nabi Sulaiman yang membuat seseorang seakan berjalan diatas air.

قَالَ إِنَّهُۥ صَرۡح مُّمَرَّد مِّن قَوَارِيرَ

Dia (Sulaiman) berkata, “Sesungguhnya ini hanyalah lantai istana yang dilapisi kaca.” (QS.An-Naml:44)

Tingginya keilmuan dan majunya perabadan di Kerajaan Sulaiman membuat Ratu Saba’ takjub dan akhirnya menerima ajaran Tauhid Nabi Sulaiman as.

قَالَتۡ رَبِّ إِنِّي ظَلَمۡتُ نَفۡسِي وَأَسۡلَمۡتُ مَعَ سُلَيۡمَٰنَ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

Dia (Balqis) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh, aku telah berbuat zhalim terhadap diriku. Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS.An-Naml:44)

Pelajaran penting yang perlu kita renungkan dari kisah ini adalah pentingnya mengembangkan keilmuan di segala bidang.

Tidak cukup kita menceritakan keindahan dan kebenaran Islam pada dunia. Tapi umat Islam harus bisa bersaing dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena tingginya keilmuan yang dimiliki oleh suatu kaum akan menjadi daya tawar yang tinggi bagi dunia untuk mempelajari dan mengikuti apa yang diyakini oleh kaum tersebut. Ciptakan penemuan-penemuan baru, berikan peran besar dalam kemajuan dunia maka kita akan menjadi orang-orang yang mengenalkan Islam dengan prestasi dan karya nyata.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain