Belajarlah dari Al-Qur’an Hingga Hatimu Menjadi Tenang

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Belajarlah dari Al-Qur’an Hingga Hatimu Menjadi Tenang

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman :

إِنَّ هَٰذَا ٱلۡقُرۡءَانَ يَهۡدِي لِلَّتِي هِيَ أَقۡوَمُ وَيُبَشِّرُ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ٱلَّذِينَ يَعۡمَلُونَ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمۡ أَجۡرٗا كَبِيرٗا

“Sungguh, Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS.Al-Isra’:9)

Belajarlah dari Al-Qur’an bahwa serumit apapun urusanmu dan sesulit apapun kondisi kehidupanmu, pasti disana ada jalan keluar yang telah Allah siapkan untukmu !

يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS.Al-Baqarah:185)

Rahmat Allah swt tidak pernah terputus sedetik pun untuk hamba-Nya, karenanya disetiap kesulitan pasti ada kemudahan dibaliknya.

Belajarlah dari Al-Qur’an bahwa setiap kali engkau menghadapi kondisi yang susah dan terjepit, ingatlah selalu firman Allah swt :

وَإِن يَمۡسَسۡكَ ٱللَّهُ بِضُرّٖ فَلَا كَاشِفَ لَهُۥٓ إِلَّا هُوَۖ وَإِن يُرِدۡكَ بِخَيۡرٖ فَلَا رَآدَّ لِفَضۡلِهِۦۚ

“Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya.” (QS.Yunus:107)

Ayat ini mendorong kita untuk memohon dan berdoa kepada Allah dengan penuh keikhlasan, karena tidak ada yang mampu mencabut kesulitan dalam hidup kita kecuali Allah swt.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدۡعُونِيٓ أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡۚ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu.” (QS.Ghafir:60)

Belajarlah dari Al-Qur’an bahwa disaat kesedihan menyelimutimu dan kehidupanmu dipenuhi dengan gangguan dari berbagai arah, ingatlah bahwa semua gangguan itu kecil dan tidak berarti apa-apa karena Allah tidak akan meninggalkan hamba-Nya dan perhatian Allah tidak pernah terputus kepada hamba-Nya.

Ingatlah selalu firman Allah swt :

ٱللَّهُ لَطِيفُۢ بِعِبَادِهِۦ

“Allah Mahalembut terhadap hamba-hamba-Nya.” (QS.Asy-Syura:19)

Belajarlah dari Al-Qur’an bahwa ketika hidupmu penuh dengan ujian dan cobaan, ketika kondisimu berada di ujung jurang dan engkau baru saja kehilangan sesuatu yang paling kau cintai, maka dalam kondisi semacam ini jangan pernah putus asa dengan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya. Ingatlah firman Allah swt :

وَلَا تَاْيۡـَٔسُواْ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِۖ إِنَّهُۥ لَا يَاْيۡـَٔسُ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلۡقَوۡمُ ٱلۡكَٰفِرُونَ

“Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.” (QS.Yusuf:87)

Dan renungkanlah selalu firman Allah swt :

وَهُوَ مَعَكُمۡ أَيۡنَ مَا كُنتُمۡۚ

“Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.” (QS.Al-Hadid:4)

Sebenarya ayat ini cukup untuk menjadikan hatimu tenang dan selalu optimis dalam segala kondisi. Jangan takut dan jangan putus asa, karena Allah selalu bersamamu dimana saja dan kapan saja.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 202 pelanggan lain