Berlombalah, Jangan Berselisih !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Berlombalah, Jangan Berselisih !

khazanahalquran.com Manusia tidak hanya dituntut untuk melakukan kebaikan namun kita dituntut untuk berlomba melakukan kebaikan. Karena orang yang sedang berlomba pasti ingin menjadi yang terbaik dan terdepan.

Kita memiliki modal umur yang terbatas sementara ajal bisa datang kapan saja. Maka jadikan modal kita sebagai bekal yang bisa bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya.

Ilmu, harta, kedudukan, tenaga, pikiran dan apapun yang kita miliki hendaknya semua itu kita jadikan modal untuk berlomba. Dan jangan pernah berharap balasan, pujian atau rasa terima kasih dari manusia.

Berlombalah terus karena Allah pasti melihat apa yang kita perjuangkan. Dan setiap kebaikan yang kita tebarkan akan kembali kepada diri kita sendiri. Bahkan Allah memberi balasannya di dunia sebelum di akhirat. Dan tentunya balasan di akhirat jauh lebih indah dan lebih dahsyat.

Namun setiap kebaikan yang kita tanam akan kembali kepada diri kita disaat kita membutuhkannya. Bukankah Allah telah meringkas dalam firman-Nya,

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. (QS.Al-Isra’:7)

Ayat berlombalah dalam kebaikan disebut dua kali dalam Al-Qur’an. Dan anehnya, kalimat ini disebutkan ditengah-tengah pembahasan tentang perselisihan.

Seperti dalam Surat Al-Baqarah ketika Ahlul Kitab mempermasalahkan kiblat Allah pun menyebutkan,

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

“Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan.” (QS.Al-Baqarah:148)

Seperti pula dalam Surat Al-Ma’idah Allah sebutkan,

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

“Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.” (QS.Al-Ma’idah:48)

Hikmah dari ayat ini adalah bila kalian tidak ingin sibuk dengan perselisihan maka sibukkan dirimu untuk berlomba dalam kebaikan.

Atau dalam arti lain orang yang lambat dalam berlomba dalam kebaikan akan terdorong untuk membuat perselisihan. Karena orang yang berlomba dalam berbuat baik tidak akan punya waktu untuk berselisih.

Semoga bermanfaat..

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain