Buah Dari Mencintai Rasulullah saw

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Buah Dari Mencintai Rasulullah saw

khazanahalquran.com – Setelah sebelumnya kita menceritakan tanda-tanda orang yang mencintai Rasul saw. Kali ini kita akan menyebutkan ayat atau riwayat tentang apa yang akan diperoleh oleh mereka yang mencintai Rasul saw.

(1) Memperoleh kecintaan dari Allah swt.

Ini adalah anugerah yang sangat besar. Karena setiap orang bisa mengaku mencintai Allah tapi apakah Allah juga Mencintainya?

Buah dari kecintaan kepada Nabi saw adalah mereka akan memperoleh Cinta dari Allah swt.

Allah swt berfirman,

قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيم

Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS.Ali ‘Imran:31)

(2) Memperoleh ampunan, rahmat dan cahaya dari Allah swt.

Ayat sebelumnya telah menyebutkan bahwa selain mendapatkan kecintaan dari Allah, buah dari kecintaan kepada Nabi saw adalah datangnya ampunan dari-Nya.

Selain itu, kecintaan pada Nabi saw juga mendatangkan rahmat serta cahaya yang akan selalu menerangi kehidupan seseorang.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَءَامِنُواْ بِرَسُولِهِۦ يُؤۡتِكُمۡ كِفۡلَيۡنِ مِن رَّحۡمَتِهِۦ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ نُورٗا تَمۡشُونَ بِهِۦ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُور رَّحِيم

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya (Muhammad), niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan cahaya untukmu yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan serta Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS.Al-Hadid:28)

(3) Akan dibangkitkan dan dikumpulkan bersama Nabi saw di Hari Kiamat.

Allah swt berfirman,

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُوْلَٰٓئِكَ مَعَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمَ ٱللَّهُ عَلَيۡهِم مِّنَ ٱلنَّبِيِّـۧنَ وَٱلصِّدِّيقِينَ وَٱلشُّهَدَآءِ وَٱلصَّٰلِحِينَۚ وَحَسُنَ أُوْلَٰٓئِكَ رَفِيقٗا

“Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (QS.An-Nisa’:69)

Karena itu, Rasulullah saw bersabda :

“Manusia akan dibangkitkan bersama orang yang ia cintai.”

(4) Akan memperoleh manisnya keimanan dan kebahagiaan.

Dalam salah satu hadist yang sangat populer, Rasulullah saw bersabda :

ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلَاوَة الإيمَان أن يَكُون اللَّه ورَسولُه أَحَب إلَيهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَن يُحِبَّ المَرأُ لَا يُحِّبُهُ إِلَّا لِلَّه وَأَن يَكرَهَ أَن يَعُودَ فِي الكُفر كَمَ يَكره أَن يقذف في النار

“Ada tiga hal yang apabila dimiliki seseorang maka ia akan merasakan manisnya keimanan.

1. Ketika ia menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selainnya.

2. Ia tidak mencintai seseorang kecuali karena Allah swt.

3. Dia benci untuk kembali pada kekufuran sebagaimana ia enggan untuk dilemparkan ke api neraka.”

Inilah empat hal yang dapat kita sebutkan dari sekian banyak buah dari kecintaan seseorang kepada Nabi Muhammad saw. Merasakan manisnya keimanan dan kebahagiaan di dunia, akan dibangkitkan bersama Nabi di akhirat, akan meraih rahmat dan ampunan serta puncaknya akan mendapatkan kecintaan dari Allah swt.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain