Bukan Istana atau Gubuk yang Menentukan Kebahagiaanmu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Bukan Istana atau Gubuk yang Menentukan Kebahagiaanmu !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا

“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit.” (QS.Tha-Ha:124)

Kehidupan yang sempit atau lapang tidak bergantung pada luasnya rumah yang kita huni ataupun banyaknya fasilitas yang kita miliki.

Ashabul kahfi meninggalkan istana megah mereka dan memilih untuk tinggal di gua yang sempit dan gelap. Namun disitulah mereka mendapatkan semua rahmat Allah swt.

فَأْوُوا إِلَى الْكَهْفِ يَنْشُرْ لَكُمْ رَبُّكُمْ مِنْ رَحْمَتِهِ وَيُهَيِّئْ لَكُمْ مِنْ أَمْرِكُمْ مِرْفَقًا

“Maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusanmu.” (QS.Al-Kahfi:16)

Ketika mereka dekat dengan rahmat Allah, gua yang sempit dan gelap itu terasa luas bagaikan istana, bahkan lebih luas dari istana-istana mereka dahulu.

Gua yang sempit itu terasa lebih nyaman dari semua fasilitas didalam istana.

Sementara istana-istana tidak pernah memberi kenyamanan dan kebahagiaan apabila penghuninya jauh dari Allah dan jauh dari rahmat-Nya.

Gubuk yang sempit akan menjadi istana yang megah dan istana yang megah akan terasa seperti gubuk yang sempit, tergantung siapa yang hidup didalamnya.

Ketika seorang hamba dekat dengan rahmat Sang Pencipta, maka dimanapun ia tinggal akan terasa bahagia. Sementara bila kita jauh dari rahmat-Nya, maka seluas apapun rumah yang kita huni akan terasa sempit dan menambah kegelisahan.

Bantal-bantal kumuh didalam gubuk tidak mengganggu nyenyaknya tidur para penghuninya. Sementara bantal-bantal sutera di istana juga tidak membantu orang-orang kaya untuk bisa tidur nyenyak ditengah kegelisahan hidupnya.

Sekali lagi, bukan gubuk atau istana yang menentukan kebahagiaanmu. Bukan bantal kumuh atau bantal mewah yang bisa membuatmu tidur nyenyak.

Namun kebahagiaanmu ditentukan oleh kedekatanmu dengan pemilik alam semesta. Semakin jauh hidupmu akan semakin gelisah dan semakin dekat maka engkau akan lebih mudah meraih ketenangan dan kebahagiaan.

Semoga bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain