Cara Paling Ampuh Menolak Bisikan Nafsu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Cara Paling Ampuh Menolak Bisikan Nafsu !

khazanahalquran.com – Salah satu fungsi terpenting dari Al-Qur’an adalah menjadi obat dan penyembuh untuk mengobati berbagai penyakit. Al-Qur’an datang dengan resep-resep ampuh yang mampu membasmi semua penyakit. Karena setiap penyakit baik itu menimpa fisik ataupun maknawi seseorang, pasti ada obatnya.

Al-Qur’an selalu memberikan cara yang simpel ketika memberi resep atau solusi bagi seseorang yang sedang sakit.

Pertama, Al-Qur’an seringkali memberikan penanganan cepat sebelum penyakit itu menjalar semakin dalam. Bahkan Al-Qur’an telah memberi resep-resep ampuh sebagai pencegahan sebelum penyakit itu menimpa seseorang.

Kedua, Al-Qur’an selalu memberikan resep dan solusi yang mudah sehingga setiap orang mampu untuk mendapatkannya.

Sebagai contoh ketika dorongan nafsu begitu dahsyat dan syahwat sedang bergejolak menggiring seseorang untuk berbuat maksiat, maka disaat itulah Al-Qur’an memberi satu obat yang mampu meredam gejolak tersebut. Obat itu adalah memohon perlindungan kepada Allah swt !

Memohon perlindungan kepada Allah artinya sebesar apapun dorongan syahwat yang ingin menguasai kita, yakinilah bahwa tidak ada kemampuan yang kita miliki kecuali atas kehendak-Nya.

Allah swt memberi beberapa contoh dalam Al-Qur’an :

1. Ketika Jibril datang berbentuk manusia untuk menemui Maryam as, spontan beliau berlindung kepada Allah swt :

قَالَتۡ إِنِّيٓ أَعُوذُ بِٱلرَّحۡمَٰنِ مِنكَ إِن كُنتَ تَقِيّٗا

Dia (Maryam) berkata, “Sungguh, aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa.” (QS.Maryam:18)

2. Ketika Zulaikha mempersiapkan berbagai skenario untuk menggoda Nabi Yusuf as, spontan beliau berlindung kepada Allah swt :

قَالَ مَعَاذَ ٱللَّهِۖ إِنَّهُۥ رَبِّيٓ أَحۡسَنَ مَثۡوَايَۖ إِنَّهُۥ لَا يُفۡلِحُ ٱلظَّٰلِمُونَ

Yusuf berkata, “Aku berlindung kepada Allah, sungguh, tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.” Sesungguhnya orang yang zhalim itu tidak akan beruntung.” (QS.Yusuf:23)

Dalam setiap keadaan, ketika syahwat sedang merongrong kita maka segeralah berlindung kepada Allah swt !

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ نَزۡغٞ فَٱسۡتَعِذۡ بِٱللَّهِۚ إِنَّهُۥ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS.Al-A’raf:200)

إِنَّ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوۡاْ إِذَا مَسَّهُمۡ طَٰٓئِفٞ مِّنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ تَذَكَّرُواْ فَإِذَا هُم مُّبۡصِرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya).” (QS.Al-A’raf:201)

Inilah obat yang paling mujarab ketika nafsu, syahwat dan godaan setan sedang memaksa kita untuk menuruti keinginan kotornya. Segeralah berlindung kepada Allah swt dan mohonlah kekuatan dari-Nya untuk melawan berbagai bisikan itu !

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 206 pelanggan lain