Cukup Allah Sebagai Pembelaku !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Cukup Allah Sebagai Pembelaku !

khazanahalquran.com – Di akhir Surat at-Taubah, Allah Swt Berfirman :

فَإِن تَوَلَّوۡاْ فَقُلۡ حَسۡبِيَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَۖ عَلَيۡهِ تَوَكَّلۡتُۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلۡعَرۡشِ ٱلۡعَظِيمِ

Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.” (QS.At-Taubah:129)

Secara umum, ayat ini di tujukan untuk Baginda Nabi Muhammad Saw.

Yakni فَإِن تَوَلَّوۡاْ (jika mereka berpaling), artinya apabila mereka menolak dan menentang risalah yang kau bawa wahai Muhammad. Yang sebenarnya akan membawa mereka menuju kebaikan dunia dan akhirat, maka ucapkan : حَسۡبِيَ ٱللَّهُ (Cukuplah Allah bagiku). Cukuplah Allah sebagai tempat ku bersandar, tempat ku mencari pertolongan dan yang akan mencukupi segalanya dalam hidupku. Dan tiada selain-Nya yang mampu untuk mencukupiku !

وَإِن تَوَلَّوۡاْ فَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ مَوۡلَىٰكُمۡۚ نِعۡمَ ٱلۡمَوۡلَىٰ وَنِعۡمَ ٱلنَّصِيرُ

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.” (QS.Al-Anfal:40)

Pada ayat di atas, Rasulullah Saw diperintahkan untuk benar-benar mengucapkan kalimat : حَسۡبِيَ ٱللَّهُ dengan lisan, bukan sekedar diperintah untuk bertawakal sebagaimana dalam ayat :

فَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِۖ إِنَّكَ عَلَى ٱلۡحَقِّ ٱلۡمُبِينِ

“Maka bertawakallah kepada Allah, sungguh engkau (Muhammad) berada di atas kebenaran yang nyata.” (QS.An-Naml:79)

Dan bukan hanya sebagai pemberitahuan saja, seperti dalam ayat :

فَإِنَّ حَسۡبَكَ ٱللَّهُۚ

“Maka sesungguhnya cukuplah Allah (menjadi pelindung) bagimu.” (QS.Al-Anfal:62)

Ayat di atas ingin mengajarkan kepada Rasulullah Saw dan kaum mukminin agar apabila ada orang-orang yang berpaling dari petunjuk Al-Qur’an, menentang syariat dan menolak kebenaran, maka JANGAN BERSEDIH !

Ucapkan حَسبِيَ اللَّه !

Cukuplah Allah sebagai pelingdungku, pembelaku dan penolongku. Kuasa-Nya tak terbatas oleh segala sesuatu.

Tiada penentang-Nya yang bisa lari dari siksa-Nya. Dan tiada pula pembela-Nya yang tidak mendapatkan ganjaran yang setimpal.

Maka sebanyak apapun orang yang berpaling dari-Nya tidak akan pernah mengurangi kekuatan dan kuasa-Nya. Jangan pernah bersedih karena kehilangan pembela, karena pembela sejatimu adalah Allah Swt !

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain