Diantara Kedudukan Baginda Nabi Saw

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Diantara Kedudukan Baginda Nabi Saw

khazanahalquran.com – Baginda Nabi Saw adalah ciptaan paling sempurna di antara seluruh ciptaan Allah Swt. Dan diantara kedudukan beliau adalah :

1. Ciptaan pertama.

Nabi Muhammad Saw adalah makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah di alam nur.

Sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir :

“Wahai Jabir, pertama kali yang diciptakan oleh Tuhanmu adalah cahaya Nabimu dan dari cahaya itulah seluruh kebaikan tercipta.”

2. Manusia pertama yang bersaksi di alam dzar mengenai Ke-Esaan Allah seperti yang disebutkan dalam Surat Al-A’raf 172 dan disebutkan dalam suatu riwayat riwayat.

Dalam ayat lain Allah Swt berfirman :
وَأَنَا۠ أَوَّلُ ٱلۡمُسۡلِمِینَ

“Dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri (muslim).” (QS.Al-An’am:163)

Dan ketika Allah Swt mengambil kesaksian para Nabi kemudian menyebutkan nama-nama Nabi Ulul Azmi, Allah mendahulukan Nabi Muhammad Saw sebelum Nabi Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa alaihimussalam.

وَإِذۡ أَخَذۡنَا مِنَ ٱلنَّبِیِّـۧنَ مِیثَـٰقَهُمۡ وَمِنكَ وَمِن نُّوحࣲ وَإِبۡرَ ٰ⁠هِیمَ وَمُوسَىٰ وَعِیسَى ٱبۡنِ مَرۡیَمَۖ وَأَخَذۡنَا مِنۡهُم مِّیثَـٰقًا غَلِیظࣰا

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari para nabi dan dari engkau (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.” (QS.Al-Ahzab:7)

3. Nabi Muhammad Saw adalah saksi bagi para saksi di hari kiamat yaitu para Nabi.

فَكَیۡفَ إِذَا جِئۡنَا مِن كُلِّ أُمَّةِۭ بِشَهِیدࣲ وَجِئۡنَا بِكَ عَلَىٰ هَـٰۤؤُلَاۤءِ شَهِیدࣰا

Dan bagaimanakah, jika Kami mendatangkan seorang saksi (Rasul) dari setiap umat dan Kami mendatangkan engkau (Muhammad) sebagai saksi atas mereka.” (QS.An-Nisa’:41)

Setiap umat memiliki saksi yaitu nabi mereka masing-masing. Dan saksi atas seluruh Nabi itu adalah Nabi Muhammad Saw.

4. Penutup para Nabi.

Nabi Muhammad Saw adalah penutup dari segala kesempurnaan. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Jibril di waktu Mi’raj disebutkan :

“Sesunggunya engkau (Muhammad) berada di suatu tempat yang tidak bisa dijangkau oleh siapapun orang-orang terdahulu dan mustahil akan dijangkau oleh orang-orang setelahmu.”

Karena itu beliau adalah makhluk yang paling dekat dengan Allah Swt.

Dan Allah Swt telah memberikan gelar yang sangat mulia kepada kekasih-Nya,Muhammad Saw dengan sebutan سراجا منيرا (pelita yang sangat terang)

Semoga bermanfaat..

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain