Dua Kata, Seakan Sama Tapi Berbeda

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Dua Kata, Seakan Sama Tapi Berbeda

khazanahalquran.com – Allah Swt Berfirman :

فَٱعۡفُواْ وَٱصۡفَحُواْ

“Maka maafkanlah dan berlapangdadalah.” (QS.Al-Baqarah:109)

وَلۡيَعۡفُواْ وَلۡيَصۡفَحُوٓاْ

“Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada.” (QS.An-Nur:22)

Dalam dua ayat mulia di atas, kita akan mendapati dua kata yang seakan maknanya sama tapi berbeda. Yaitu kata العَفوُ dan الصَّفحُ.

Secara umum keduanya sama-sama memiliki arti “memaafkan”, namun tentunya setiap kata yang berbeda dalam Al-Qur’an pasti juga memiliki makna yang berbeda. Lalu apa perbedaan di antara kedua kata ini ?

Kata العَفوُ : yakni engkau memaafkan dan tidak menghukum seseorang yang berbuat salah kepadamu dengan kemungkinan masih ada sesuatu yang mengganjal di hati karena perbuatan buruknya kepadamu.

Kata الصَّفحُ : yakni engkau memaafkan dan tidak menghukum seseorang yang berbuat salah kepadamu dan tidak ada lagi bekas atau ganjelan di hatimu karena perbuatan buruknya itu.

Maka الصَّفحُ memiliki derajat yang lebih tinggi daripada العَفوُ. Dan begitulah Al-Qur’an menyebutkan kata العفو terlebih dahulu sebelum الصفح sebagai isyarat bahwa kata yang kedua ini jauh lebih mulia derajatnya.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain