Ingatlah Dua Hal ini, Akan Bertambah Kesabaranmu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Ingatlah Dua Hal ini, Akan Bertambah Kesabaranmu !

khazanahalquran.com – Ketika berbicara tentang kesabaran, Al-Qur’an memberikan beberapa resep agar kita mampu meraih kesabaran tersebut.

Resep pertama adalah dengan menggabungkan antara ketakwaan dan kesabaran. Karena pasti kemenangan dan kesuksesaan pada akhirnya akan di raih oleh orang bertakwa dan bersabar, karena dua hal ini tak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

فَٱصۡبِرۡۖ إِنَّ ٱلۡعَٰقِبَةَ لِلۡمُتَّقِينَ

“Maka bersabarlah, sungguh, kesudahan (yang baik) adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS.Hud:49)

Resep kedua adalah menggabungkan kesabaran dengan banyak Istighfar dan bertasbih.

فَٱصۡبِرۡ إِنَّ وَعۡدَ ٱللَّهِ حَقّٞ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۢبِكَ وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ بِٱلۡعَشِيِّ وَٱلۡإِبۡكَٰرِ

“Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS.Ghafir:55)

Pada resep ini kita juga dapat melihat bahwa Istighfar dan Tasbih juga sangat membantu manusia untuk bisa meraih kesabaran.

Namun fokus kita kali ini bukan pada dua hal di atas. Ada dua hal lain yang sangat membantu manusia untuk meraih kesabaran, yaitu :

1. Kesadaran bahwa kita selalu diperhatikan dan dipantau oleh Allah Swt.

وَٱصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعۡيُنِنَاۖ وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ

“Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika engkau bangun.” (QS.Ath-Thur:48)

2. Keyakinan bahwa janji Allah itu pasti benar.

فَٱصۡبِرۡ إِنَّ وَعۡدَ ٱللَّهِ حَقّٞۖ وَلَا يَسۡتَخِفَّنَّكَ ٱلَّذِينَ لَا يُوقِنُونَ

“Maka bersabarlah engkau (Muhammad), sungguh, janji Allah itu benar dan sekali-kali jangan sampai orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan engkau.” (QS.Ar-Rum:60)

Tidak ada yang bisa memberikan kekuatan pada diri kita untuk bisa bersabar menghadapi segala kesulitan hidup seperti dua hal di atas. Yaitu kesadaran bahwa Allah Swt melihat semua gerak-gerik kita dan Allah juga memperhatikan kondisi dan nasib kita.

Dan kedua, janji Allah Swt pasti benar. Ketika kita berpegang pada janji Allah bahwa disetiap kesulitan ada kemudahan, di setiap kesabaran ada kemenangan dan akhir bagi orang yang bertakwa adalah kesuksesan maka hati kita akan menjadi tenang dan yakin bahwa kesulitan kita saat ini pasti akan segera berlalu. Apabila Allah ingin merubah nasib kita, maka dalam sekejap segala sesuatu bisa berubah.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain