Ingatlah Tujuan Puasa !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Ingatlah Tujuan Puasa !

khazanahalquran.com – Allah tidak mewajibkan puasa hanya untuk melihat hamba-Nya merasakan lapar dan haus. Allah tidak memerintahkan kita untuk berpuasa hanya agar kita menghindari hal-hal yang membatalkan puasa. Namun ada tujuan penting dibalik puasa itu sendiri. Seperti dalam firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah:183)

Tujuan puasa adalah agar manusia meraih ketakwaan. Dalam kajian-kajian yang lalu pernah kita singgung bahwa manusia membutuhkan dua makanan. Makanan untuk fisiknya dan makanan untuk ruhnya.

Namun sayang kebanyakan manusia hanya fokus untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan fisiknya saja dan mengesampingkan ruh yang kelaparan.

Karena itulah Allah memilih satu bulan diantara dua belas bulan sebagai bulan bonus bagi manusia. Bulan diturunkannya berkah dan rahmat. Bulan diampuninya dosa-dosa dan amal-amal kebaikan pun dilipatgandakan.

Semua bonus ini disediakan dengan satu syarat, yaitu menahan makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Apa tujuannya? Agar manusia dapat lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan ruhnya dan mengesampingkan sejenak nafsu untuk makan dan hasrat duniawi lainnya.

Karena itulah disebutkan bahwa tujuan dari puasa adalah takwa. Jangan sampai puasa kita tidak membawa kita menuju ketakwaan. Lalu puasa itu hanya menjadi sekedar menahan lapar dan dahaga seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw,

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوْعِ وَالْعَطَشِ

“Berapa banyak orang yabg berpuasa namun tidak meraih apa-apa kecuali lapar dan dahaga.”

Segala sesuatu disebut sukses ketika telah sampai pada tujuan yang diharapkan. Semoga kita sukses di bulan ini dengan menyandang ketakwaan di hati kita.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 208 pelanggan lain