Jangan Dengarkan Bisikan Setan yang Menakutimu !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Jangan Dengarkan Bisikan Setan yang Menakutimu !

khazanahalquran.com – Para pemuda khawatir kelak mereka akan menjadi miskin dan pengangguran.

Remaja wanita khawatir tidak ada lelaki yang meminangnya.

Orang tua khawatir akan terkena penyakit di masa tuanya.

Seorang pelajar khawatir ia tidak akan berhasil di sekolah.

Setiap umur manusia memiliki kekhawatiran-kekhawatiran tersendiri. Darimana kekhawatiran dan prasangka negatif ini muncul?

Prasangka buruk ini bersumber dari bisikan setan. Mereka berusaha dengan berbagai cara untuk menggoyangkan hati manusia, agar tidak ada seorang pun yang memiliki semangat dan optimisme dalam hidup.

Setan menanamkan bibit-bibit putus asa dalam hati manusia karena keputus asaan adalah akhir dari segalanya.

إِنَّمَا ذَٰلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman. (QS.Ali ‘Imran:175)

Dalam ayat lain Allah berfirman,

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS.Al-Baqarah:268)

Kita lahir dengan tangan kosong, tak memiliki apa-apa. Lalu kita tumbuh dan memiliki segalanya, kebutuhan-kebutuhan kita terpenuhi dan hajat-hajat kita terkabul.

Setan terus berjuang menutupi semua kebaikan Allah dan menggiring kita untuk berburuk sangka kepada-Nya. Seakan-akan Allah acuh dan menelantarkan hamba-Nya.

Latihlah hati untuk terus berbaik sangka kepada Allah, karena tidak ada yang lebih mencintai kita melebihi Sang Pencipta.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 209 pelanggan lain