Jangan Jadikan Doa hanya Seperti Obat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Jangan Jadikan Doa hanya Seperti Obat

khazanahalquran.com – Salah satu fitrah yang tertanam dalam diri manusia adalah kebergantungannya kepada Dzat Yang Maha Kuat. Namun karena berbagai hal, fitrah ini terkubur dan tertutupi seakan manusia merasa mampu mengendalikan segalanya.

Namun ketika dalam kondisi benar-benar terjepit, cahaya fitrah ini akan menyeruak dan muncul, sehingga ia akan benar-benar memohon pertolongan dan mengemis keselamatan kepada Allah Swt.

Allah Swt Berfirman :

وَإِذَا غَشِيَهُم مَّوۡجٌ كَٱلظُّلَلِ دَعَوُاْ ٱللَّهَ مُخۡلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ

“Dan apabila mereka digulung ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya.” (QS.Luqman:32)

Seringkali manusia menganggap doa seperti obat yang hanya di minum ketika sakit. Begitupula doa hanya di manfaatkan ketika mereka dalam kondisi tertimpa musibah ataupun dalam kesulitan saja.

Sebenarnya ini adalah masalah mindset atau pola pikir manusia. Banyak orang “merasa” membutuhkan Allah di saat-saat sulit saja, sementara di masa jaya mereka melupakan-Nya, bahkan merasa tidak butuh kepada Allah Swt.

وَإِذَا مَسَّ ٱلۡإِنسَٰنَ ٱلضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۢبِهِۦٓ أَوۡ قَاعِدًا أَوۡ قَآئِمٗا فَلَمَّا كَشَفۡنَا عَنۡهُ ضُرَّهُۥ مَرَّ كَأَن لَّمۡ يَدۡعُنَآ إِلَىٰ ضُرّٖ مَّسَّهُۥۚ

“Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali (ke jalan yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya.” (QS.Yunus:12)

Padahal jika ia mau merenung sejenak, tidak ada sedetik pun waktu tanpa manusia bergantung pada-Nya. Ada berbagai alasan untuk kita tidak bisa bangun di hari ini, namun Allah Swt memberi kita semua anugerah ini sehingga kita masih bisa bangun dan beraktifitas kembali.

Menjadi seorang hamba artinya menyadari bahwa kita sama sekali tidak mampu melakukan apa-apa tanpa bantuan Allah Swt. Semakin kita merasa bergantung maka semakin tinggi tingkat penghambaan kita kepada Allah Swt.

Karena itu, berdoa lah selalu di masa senang ataupun di masa sulit. Mohonlah pertolongan dan keselamatan dari Allah di saat kehidupanmu jaya atau sedang kesusahan.

“Ingatlah Aku ketika engkau senang, maka Aku akan mengingatmu ketika engkau dalam kesusahan.”

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain