Jangan Lupa Mendoakan Kaum Mukminin dan Mukminat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Jangan Lupa Mendoakan Kaum Mukminin dan Mukminat

khazanahalquran.com – Mendoakan kaum mukminin dan mukminat adalah salah satu kebiasaan yang di lakukan oleh para Nabi. Bila kita tengok pada ayat-ayat Al-Qur’an, akan kita temukan berbagai ayat yang menceritakan hal ini

Seperti Nabi Nuh as dalam doanya :

رَّبِّ ٱغۡفِرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيۡتِيَ مُؤۡمِنٗا وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِۖ

“Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan.” (QS.Nuh:28)

Begitu juga Nabi Ibrahim as dalam doanya :

رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ يَوۡمَ يَقُومُ ٱلۡحِسَابُ

“Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).” (QS.Ibrahim:41)

Bahkan ada sebuah ayat yang berbentuk perintah kepada Baginda Nabi saw untuk mendoakan kaum mukminin, seperti dalam Firman-Nya :

فٱعۡلَمۡ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۢبِكَ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِۗ

“Maka ketahuilah, bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah dan mohonlah ampunan atas dosamu dan atas (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan.” (QS.Muhammad:19)

Selain itu Al-Qur’an juga menceritakan bagaimana orang-orang mukmin yang sejati tidak melupakan saudara mereka dalam doa-doa yang mereka panjatkan. Seperti dikutip dalam Firman-Nya :

وَٱلَّذِينَ جَآءُو مِنۢ بَعۡدِهِمۡ يَقُولُونَ رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لَنَا وَلِإِخۡوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلۡإِيمَٰنِ وَلَا تَجۡعَلۡ فِي قُلُوبِنَا غِلّٗا لِّلَّذِينَ ءَامَنُواْ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٞ رَّحِيمٌ

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan An¡ar), mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang.” (QS.Al-Hasyr:10)

Karena itu mendoakan saudara mukmin sangat sangat dianjurkan dalam agama ini. Baik mendoakan mereka yang masih hidup maupun yang telah tiada. Bahkan Rasulullah saw pernah bersabda :

إِذَا دَعَا أَحَدُكُم فَاليَعُمُّ فَإِنَّهُ أَوجَبُ لِلدُّعَاءِ

“Jika salah seorang dari kalian berdoa maka berdoa lah untuk semua, karena hal itu akan lebih menjadikan doa itu terkabul.”

Dalam berbagai riwayat juga banyak disebutkan bagaimana Rasulullah saw menyebutkan bermacam pahala yang akan didapatkan oleh seorang yang senang mendoakan kaum mukminin dan mukminin. Rasulullah saw pernah bersabda,

“Tiada seorang hamba yang mendoakan kaum mukminin dan mukminat kecuali Allah swt akan mengembalikan doa itu kepada yang mendoakan seperti yang didoakan oleh semua orang mukmin dan mukminat hingga hari kiamat. Dan apabila orang ini harus di seret ke api neraka, maka orang-orang mukmin dan mukminat akan berdoa kepada Allah (Duhai Tuhan kami, dia adalah orang yang mendoakan kami, maka selamatkanlah dia) Maka orang itu diselamatkan oleh Allah swt.”

Maka jangan pernah lupa mendoakan kaum mukminin dan mukminat. Bukankah para Malaikat dengan segala kesibukannya masih selalu menyempatkan untuk mendoakan kaum mukminin?

ٱلَّذِينَ يَحۡمِلُونَ ٱلۡعَرۡشَ وَمَنۡ حَوۡلَهُۥ يُسَبِّحُونَ بِحَمۡدِ رَبِّهِمۡ وَيُؤۡمِنُونَ بِهِۦ وَيَسۡتَغۡفِرُونَ لِلَّذِينَ ءَامَنُواْۖ رَبَّنَا وَسِعۡتَ كُلَّ شَيۡءٖ رَّحۡمَةٗ وَعِلۡمٗا فَٱغۡفِرۡ لِلَّذِينَ تَابُواْ وَٱتَّبَعُواْ سَبِيلَكَ وَقِهِمۡ عَذَابَ ٱلۡجَحِيمِ

(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala. (QS.Ghafir:7)

Karenanya, sesibuk apapun urusan kita jangan pernah lupa untuk mendoakan kaum mukmin karena doa kita untuk mereka pasti di amini oleh para Malaikat. Dan Malaikat selalu berkata kepada Allah swt, “Ya Allah, berikanlah orang yang berdoa ini seperti yang ia mohonkan kepada orang lain.”

Semoga bermanfaat….

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 205 pelanggan lain