Jangan Menyakiti walaupun Anda Telah Berbagi !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Jangan Menyakiti walaupun Anda Telah Berbagi !

khazanahalquran.com – Islam mengajarkan agar kita selalu menghargai dan memuliakan manusia. Karena manusia adalah makhluk Allah yang mulia dan spesial.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna. (QS.Al-Isra’:70)

Karena itu konsep Islam dalam bergaul dengan sesama manusia adalah saling menghargai, saling memuliakan dan saling memberi yang terbaik.

Sering kali kita mendengar besarnya pahala bersedekah, membantu atau menyelesaikan urusan orang lain. Tetapi dalam banyak ayat Al-Qur’an disebutkan bahwa Allah menghapus semua pahala itu ketika kita menyakiti hati orang yang menerima. Besarnya ganjaran sedekah seketika akan hangus ketika kita melukai hati sang penerimanya.

Bahkan menolak untuk memberi dengan kata-kata yang santun (karena tidak memiliki sesuatu untuk diberikan) jauh lebih baik daripada memberi sesuatu sambil menyakiti hati.

قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti.” (QS.Al-Baqarah:263)

Sebesar apapun bantuan yang kita berikan, sebanyak apapun masalah orang lain yang kita selesaikan, tetap kita wajib menjaga hati dan harga diri mereka.

Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Jika tidak, bila kita tidak mampu memberi kebahagiaan, jangan sampai perilaku kita menjadikan mereka sedih dan susah.

Bila tidak mampu memberi tawa, jangan menjadikan orang lain menangis.

Bila tak mampu memuji, jangan merendahkan.

Bila tak mampu memberi manfaat, jangan memberikan madzarat.

Hargailah manusia karena mereka adalah ciptaan Allah. Kadar kecintaan kita kepada makhluk Allah ditentukan oleh kadar kecintaan kita kepada-Nya. Semakin tinggi seorang mencintai Allah semakin besar pula kecintaannya kepada makhluknya.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain