Jangan Terlalu Percaya Diri !

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Jangan Terlalu Percaya Diri !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ ۚ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ

“Atau apakah mereka merasa aman dari siksaan Allah? Tidak ada yang merasa aman dari siksaan Allah selain orang-orang yang rugi.” (QS.Al-A’raf:99)

Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada orang yang merasa dirinya aman kecuali orang-orang yang merugi.

Seorang mukmin harus tetap khawatir dan tak boleh merasa aman walau ia telah memiliki keimanan yang kuat dan amal soleh yang banyak. Ia harus senantiasa memohon kepada Allah agar menjaga keimanan dan amalnya tersebut. Karena godaan dunia bisa saja merusak iman dan menghabiskan amal solehnya.

Allah menceritakan orang-orang yang berlomba dalam kebaikan, menjalankan kewajiban dengan menegakkan solat, menunaikan zakat dan amal soleh lainnya, bahwa mereka memiliki satu sifat yang tak kalah penting yaitu “hati mereka khawatir dan takut kepada Allah walaupun telah banyak amal yang mereka lakukan.”

Allah swt berfirman,

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَىٰ رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ

“Dan mereka yang memberikan apa yang mereka berikan (sedekah) dengan hati penuh rasa takut (karena mereka tahu) bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya. (QS.Al-Mu’minun:60)

Mereka tidak sedang berburuk sangka kepada Allah. Namun mereka belum tau apakah amal baik yang telah mereka lakukan selama ini diterima dan akan tetap kekal hingga hari kebangkitan nanti.

Karena itu seorang mukmin harus selalu hidup diantara rasa takut dan harapan. Rasulullah saw pernah menjelaskan bahwa,

Seorang mukmin hidup dalam dua kekhawatiran :

1. Khawatir dengan umur yang telah lewat, ia tidak tau apa yang telah Allah tetapkan dengan amal-amal yang telah ia lakukan.

2. Khawatir dengan umur yang masih tersisa, ia tak tau apa yang Allah tentukan untuknya.

Marilah selalu waspada dan jangan pernah berbangga atas amal yang telah kita lakukan. Mohonlah selalu kepada Allah agar iman dan amal ini terus dijaga hingga hari kebangkitan nanti.

Semoga bermanfaat…

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 212 pelanggan lain