Kedzaliman Adalah Sebab dari Hancurnya Negara

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Kedzaliman Adalah Sebab dari Hancurnya Negara

khazanahalquran.com – Di dalam Al-Qur’an, kita mendapati begitu banyak dalil-dalil yang melarang dan mengharamkan kedzaliman. Cukup satu bukti bahwasa-Nya Allah Swt mengharamkan kedzaliman pada Diri-Nya maka Allah pun mengharamkan hal itu pada hamba-hambaNya.

Dijelaskan pula bahwa para Nabi dan Rasul diutus untuk menegakkan keadilan di antara manusia, dengan kata lain melawan kedzaliman !

لَقَدۡ أَرۡسَلۡنَا رُسُلَنَا بِٱلۡبَيِّنَٰتِ وَأَنزَلۡنَا مَعَهُمُ ٱلۡكِتَٰبَ وَٱلۡمِيزَانَ لِيَقُومَ ٱلنَّاسُ بِٱلۡقِسۡطِۖ

“Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil.” (QS.Al-Hadid:25)

Kenapa kedzaliman haru selalu dilawan ?

Karena kedzaliman adalah sebab dari kehancuran. Semua bangunan perlahan akan hancur bila dipenuhi dengan kedzaliman di dalamnya.

Kedzaliman membawa kehancuran pada rumah tangga, masyarakat bahkan Negara sekalipun. Kedzaliman akan menggiring masyarakat menuju masa depan yang suram.

Tidak ada sesuatu yang lebih cepat membawa kehancuran melebihi perbuatan dzalim. Karena kedzaliman tidak mengenal batas dan tidak pernah ada ujungnya.

Dan salah satu Sunnatullah yang tidak akan pernah berubah adalah bahwa akhir cerita dari orang-orang dzalim adalah kehancuran dan kesengsaraan. Mereka tidak akan pernah berhasil dengan rencana-rencana busuk yang mereka siapkan. Walau terkadang mereka tampak kuat dan sukses, namun semua kejayaan itu tidak akan bertahan lama.

فَسَوۡفَ تَعۡلَمُونَ مَن تَكُونُ لَهُۥ عَٰقِبَةُ ٱلدَّارِۚ إِنَّهُۥ لَا يُفۡلِحُ ٱلظَّٰلِمُونَ

Kelak kamu akan mengetahui, siapa yang akan memperoleh tempat (terbaik) di akhirat (nanti). Sesungguhnya orang-orang yang zhalim itu tidak akan beruntung. (QS.Al-An’am:135)

Kesimpulannya, keamanan dan ketentraman hidup ini tidak akan terwujud tanpa keadilan. Kekuatan apapun tidak akan membawa masyarakat menuju kesejahteraan tanpa adanya keadilan. Karenanya, mari kita menjaga diri dari perbuatan dzalim mulai dari lingkup terkecil dalam kehidupan kita. Karena kedzaliman pasti akan membawa kepada kehancuran.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 210 pelanggan lain