Kejujuran adalah Salah Satu Kunci dari Kunci-Kunci Surga

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Kejujuran adalah Salah Satu Kunci dari Kunci-Kunci Surga

khazanahalquran.com – Allah Swt Berfirman :

هَٰذَا يَوۡمُ يَنفَعُ ٱلصَّادِقِينَ صِدۡقُهُمۡۚ لَهُمۡ جَنَّاتٌ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَارُ خَالِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا

“Inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.” (QS.Al-Ma’idah:119)

Dari berbagai ayat dan riwayat dapat kita simpulkan bahwa الصِدق (kejujuran atau bertindak dengan benar) memiliki bobot yang berat dalam timbangan amal. Hal ini dikarenakan sifat ini adalah sifat yang tertinggi dari para Auliya’ Allah dan kejujuran adalah salah satu kunci dari kunci-kunci surga.

Jelas yang dimaksud الصِّدق di dunia adalah bertindak benar dalam akidah serta jujur dalam perkataan dan perbuatan. Sifat-sifat ini adalah tanda-tanda ketakwaan yang sejati.

Bila kita renungkan, semua amal kebaikan membutuhkan kejujuran. Amal tanpa kejujuran (tiadanya ketulusan) tak akan memiliki nilai apa-apa di mata Allah Swt.

Bahkan seluruh dosa dan kesalahan yang diperbuat manusia berawal dari tidak adanya kejujuran dalam keimanannya. Apabila ia benar-benar jujur dan tulus dalam meyakini syariat Allah, mungkinkah ia membiarkan dirinya melawan syariat tersebut?

Pentingnya kejujuran ini juga tampak dari sisi bahwa Allah Swt menjadikan sifat ini sebagai cara untuk menyingkap sifat asli dari seseorang. Rasulullah Saw bersabda :

“Janganlah engkau melihat pada banyaknya sholat mereka, banyaknya puasa mereka, banyaknya haji dan kebaikan mereka, serta ibadah mereka di tengah malam, namun lihatlah pada kejujuran perkataan mereka dan penjagaan mereka terhadap amanat.”

Dalam Hadist lain beliau bersabda :

“Sesungguhnya kejujuran membimbing (seseorang) menuju kebaikan dan kebaikan membimbing menuju surga.”

Karenanya, kejujuran adalah kunci dari kunci-kunci surga.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 207 pelanggan lain